Ada Dua Opsi, Begini Cara Back Up Chat di WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp/IST

Teknologi

Ada Dua Opsi, Begini Cara Back Up Chat di WhatsApp

Farah Diba Agustine
TECHNOSIGHTZ.COM - Karena alasan ganti ponsel atau ganti nomor operator, pengguna kerap menghapus dan mengunduh ulang aplikasi WhatsApp. Sayangnya, pengguna seringkali melakukannya secara gegabah tanpa melakukan back up chat terlebih dahulu, sehingga akhirnya kehilangan chat penting
 
Padahal, WhatsApp telah menyediakan fitur Cadangkan Chat (Back Up Chat) yang dapat dimanfaatkan pengguna agar tidak kehilangan riwayat obrolan, meskipun telah berganti ponsel maupun nomor operator. WhatsApp menawarkan dua opsi untuk melakukan back up chat, yakni melalui Google Drive atau cadangan lokal. Berikut cara melakukan back up chat WhatsApp dengan memanfaatkan dua opsi tersebut.

Cadangan chat Google Drive

Jika ingin mencadangkan menggunakan Google Drive, pengguna harus terlebih dahulu memastikan beberapa hal. Seperti telah memiliki akun Google dan mendaftarkannya ke WhatsApp. Untuk mendaftarkannya, pengguna dapat ketuk opsi lain di aplikasi (tiga titik vertikal di kanan atas), pilih setelan > chat > cadangan chat > google account, kemudian isi alamat Gmail pengguna. 
 
Pada menu yang sama, pilih Cadangkan ke Google Drive. Pengguna dapat memilih waktu pencadangan chat. Jika chat pengguna begitu penting, mencadangkan setiap hari atau setiap minggu dapat menjadi pilihan untuk berjaga-jaga. Namun, jika tidak begitu penting atau ponsel tidak selalu menggunakan WiFi, pengguna dapat memilih untuk mencadangkannya setiap bulan atau hanya ketika pengguna ingin mencadangkannya saja. 
 
 
Sebagai informasi, mencadangkan chat membutuhkan waktu dan koneksi internet yang cukup stabil. Untuk itu, akan lebih baik menggunakan WiFi, karena bisa sekaligus menghemat kuota. Jika sudah memilih waktu untuk mencadangkan, lalu pilih Cadangkan (back up). Jika sudah berhasil, pengguna dapat mengunduh ulang WhatsApp dan memulihkan data. Adapun data-data tersebut akan secara otomatis dikembalikan oleh Google Drive. Maka, pastikan akun WhatsApp dan ponsel pengguna terintegrasi dengan akun Gmail.

Cadangan chat lokal

Opsi lain yang ditawarkan WhatsApp adalah cadangan lokal. Tanpa harus menyetelnya, mencadangkan chat secara lokal sudah dilakukan WhatsApp secara otomatis setiap harinya pukul 02.00 dini hari. Tetapi, cadangan tersebut hanya berlaku selama tujuh hari saja. Jadi, jika pengguna berencana untuk memulihkan chat dengan cadangan lokal, hanya data selama tujuh hari terakhir lah yang akan dipulihkan ke akun WhatsApp pengguna. 
 
Jika pengguna mengunduh ulang WhatsApp karena mengganti ponsel, pemulihan data menggunakan cadangan chat lokal dapat dilakukan dengan memindahkan data secara manual dari file manager ponsel lama ke ponsel baru. Lokasi folder WhatsApp setiap ponsel berbeda-beda, namun umumnya dapat ditemukan di penyimpanan internal. Untuk memindahkannya, pengguna dapat menggunakan SD Card atau melalui PC.  
Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-