Cegah Serangan Siber, Perusahaan Perlu Perhatikan Tiga Hal Ini
Ilustrasi keamanan siber/IST

News

Cegah Serangan Siber, Perusahaan Perlu Perhatikan Tiga Hal Ini

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Serangan siber yang menargetkan perusahaan merupakan hal yang perlu menjadi perhatian pemilik bisnis. Agar operasional perusahaan tidak terganggu, berinvestasi pada sistem keamanan siber menjadi salah satu upaya untuk mencegah masuknya serangan tersebut.

Selain berinvestasi pada teknologi keamanan siber, pemilik bisnis sebaiknya juga memperhatikan beberapa hal penting agar serangan seperti ini bisa dicegah lebih awal. CEO NTT Indonesia Solutions, Hendra Lesmana, memberikan tiga tips yang bisa dilakukan guna mengantisipasi serangan siber.

Pertama, pelaku serangan siber biasanya mencari titik lemah perusahaan. Dan titik lemah perusahaan biasanya bukan pada teknologi, melainkan dari tiap individu di perusahaan tersebut. Hendra menyarankan agar perusahaan terus mengingatkan karyawannya pentingnya menjaga informasi krusial.

"Kesadaran pribadi tiap karyawan atau pengguna sangat penting, sehingga perlu diingatkan berkali-kali," ujar Hendra di sela-sela kegiatan online NTT Future Disrupted 2021.

Tips kedua, perusahaan perlu melakukan review perangkat yang digunakan. Apakah perangkat tersebut masih bisa mendapat update atau tidak. Tips ini berkaitan dengan tips ketiga yakni mengganti perangkat yang sudah usang.

Baca juga: Spotify Luncurkan Mode Stand Alone untuk Apple Watch

Hendra menuturkan investasi penggantian perangkat yang sudah usang perlu dilakukan agar perangkat yang digunakan perusahaan tetap mendapat pembaruan (update) dari produsen perangkat tersebut.

"Karena jika sudah tidak mendapat support dari produsennya, maka perangkat tersebut tidak lagi mendapat update," jelasnya.

Ikuti kami di