Nintendo Hentikan Dukungan untuk Super Mario Maker Wii U
Super Mario Maker/IST

Games

Nintendo Hentikan Dukungan untuk Super Mario Maker Wii U

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Nintendo telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk Super Mario Maker platform Wii U mulai tanggal 31 Maret 2021.

Pada hari yang sama, Nintendo juga akan menutup website Super Mario Maker Bookmark. Dengan begitu, pemain tidak lagi dapat mengunggah course di game Super Mario Maker ataupun mengakses website Super Mario Maker Bookmark.

Meskipun dihentikan pada 31 Maret 2021, Super Mario Maker akan dihapus dari Nintendo eShop lebih awal, yaitu pada 12 Januari 2021. Bagi pemilik Wii U yang sudah memiliki Super Mario Maker sebelumnya juga tidak lagi dapat mengakses dan memperbarui peringkat course, serta mencari course yang telah dibookmark.

Nintendo mengatakan bahwa notifikasi error akan muncul jika pemain mencoba untuk mengakses layanan tersebut setelah tanggal dukungan dihentikan. Namun, pemain masih dapat memainkan course yang sebelumnya pernah diunggah atau mengunduh ulang game Super Mario Maker meskipun sudah dihapus dari Nintendo eShop dan lewat dari tanggal berakhirnya dukungan.

Nintendo tidak menyebutkan alasan dihentikannya dukungan untuk Super Mario Maker Wii U. Namun, Nintendo memastikan bahwa keputusan ini tidak mempengaruhi Super Mario Maker 2 yang dirilis pada tahun 2019 untuk Nintendo Switch.

Baca juga: Twitter Perkenalkan Fitur Story Bernama Fleets

Adapun Super Mario Maker adalah salah satu judul franchise dari game Super Mario yang memungkinkan pemain untuk bermain Super Mario sekaligus membuat sendiri jalur dan rintangannya dengan elemen-elemen yang disediakan, seperti balok, koin, bukit, dan sebagainya. Dengan sistem tersebut, pemain juga sekaligus dapat membagikan dunia Super Mario yang telah dibuat kepada pemain lain secara online.

Super Mario Maker pertama kali dirilis pada tahun 2012 untuk konsol Wii U, dilanjutkan dengan website Super Mario Maker Bookmark pada tahun 2015, hingga rilis sekuel keduanya pada tahun 2019 untuk Nintendo Switch.

Ikuti kami di