Cara Mudah Mengatasi Browser Chrome Not Responding
Ilustrasi browser Chrome/Canva

Teknologi

Cara Mudah Mengatasi Browser Chrome Not Responding

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Jika pengguna terbiasa menggunakan peramban (browser) Chrome untuk beraktivitas di dunia maya, mungkin pernah mengalami saat halaman menjadi not responding.

Penyebabnya bervariasi, bisa dikarenakan PC pengguna yang overheat, ekstensi yang dipasang terlalu berat, kapasitas RAM terlalu mepet, virus, dan sebagainya. Sehingga, Chrome pengguna akhirnya mengalami hang atau berhenti beroperasi.

Jika sudah begitu, meski pengguna berkali-kali menekan tombol keluar (x), Chrome tetap tidak tertutup, atau akan tertutup dengan sendirinya namun dalam waktu yang cukup lama. Masalah tersebut tentu cukup menyita waktu pengguna dan mengganggu pekerjaan.

Untuk mengantisipasinya, pengguna dapat melakukan langkah sederhana dengan membuka task manager. Caranya, tekan shortcut Ctrl + Shift + Esc. Jika shortcut tidak dapat beroperasi, pengguna dapat mengaksesnya secara manual dengan klik kanan task bar dan pilih task manager.

Pada menu tersebut, Pengguna dapat melihat beberapa software yang sedang running atau digunakan. Kemudian, pilih Chrome, lalu end task. Cara tersebut merupakan metode untuk menghentikan software secara paksa. Jika tidak berhasil, pengguna dapat menunggu hingga Chrome tertutup dengan sendirinya atau restart PC.

Jika sudah berhasil tertutup, pengguna dapat kembali membuka peramban Chrome dan menghapus ekstensi-ekstensi yang sekiranya tidak begitu penting agar masalah serupa tidak terjadi di kemudian hari. Selain itu, pengguna juga dapat menghapus data cache pada menu history untuk mengosongkan sedikit ruang.

Baca juga: Mengenal Paket Apple One: Keunggulan, Harga, dan Cara Berlangganan

Jika versi Google Chrome belum diperbarui, tak ada salahnya memperbaruinya. Untuk memeriksanya, pengguna dapat mengunjungi menu setelan (settings), lalu pilih about chrome yang biasa terletak di bagian paling bawah. Lalu, pilih Update Google Chrome.

Solusi lain yang dapat dilakukan untuk menghentikan masalah not responding seperti dengan memasang antivirus di PC pengguna. Selamat mencoba!

Ikuti kami di