Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi
Merekam layar di Windows 10/Screenshot

Teknologi

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Selain di smartphone, aktivitas merekam layar juga bisa dilakukan di laptop atau PC. Bagi pengguna Windows 10, merekam layar PC dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Cara merekam layar di Windows 10 tanpa aplikasi yakni cukup menghafal shortcut saja. Untuk mulai merekam, pengguna cukup menekan tombol shortcut Win+Alt+R. Untuk menghentikan rekaman, pengguna cukup menakan tombol shortcut yang sama.

Jika belum pernah menggunakan shorcut sebelumnya, shortcut merupakan pintasan yang memungkinkan pengguna memberikan perintah komputer untuk mengoperasikan sesuatu dengan cepat. Misalnya membuat huruf miring atau italic dengan menekan tombol Ctrl+I, sehingga pengguna tidak perlu repot memindahkan tangan dan menjalankan kursor secara manual untuk membuat huruf italic.

Sama halnya dengan contoh tersebut, pengguna dapat langsung merekam layar hanya dengan menekan tombol Win (windows) yang terletak di barisan keyboard paling bawah yang menggambarkan jendela, dan tekan Alt+R secara bersamaan.

Fitur merekam layar ini sebenarnya merupakan layanan yang disediakan oleh pengaturan game bar Windows (Win+G). Untuk melihat shortcut lainnya, seperti untuk menyalakan mic, menjeda video, dan sebagainya, pengguna dapat mengunjungi pengaturan, kemudian pilih game bar.

Baca juga: Cara Menjadikan GoPro Hero 8 Black Sebagai Webcam

Selain itu, Windows juga mempersilahkan pengguna untuk mengkustom sendiri shortcut tersebut jika merasa kurang nyaman dengan shortcut default yang sudah ada sebelumnya. Video rekaman layar akan secara otomatis disimpan ke folder capture. Berdasarkan pantauan Technosightz, video rekaman tersebut tersimpan di C:/Users/.

Ikuti kami di