Cara Screenshot Layar Ponsel Android: Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme
Ilustrasi layar smartphone/TECHNOSIGHTZ

Gadget

Cara Screenshot Layar Ponsel Android: Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Screenshot atau tangkap layar telah menjadi fitur smartphone yang bermanfaat untuk menyimpan halaman-halaman penting dari aplikasi lain dalam bentuk foto.

Namun, tak semua brand ponsel secara terang-terangan memberi informasi terkait tombol navigator bagaimana fitur screenshot dapat diakses. Sehingga, seringkali membingungkan pengguna yang baru saja memiliki ponsel tersebut.

Melalui daftar di bawah ini, Technosightz merangkum cara-cara screenshot dari berbagai brand ponsel Android yang umum digunakan di Indonesia.

Samsung

Cara termudah yang direkomendasikan adalah dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Jangan terlalu lama, cukup satu detik saja. Cara tersebut umumnya dapat dilakukan untuk semua ponsel Android.

Namun, terdapat cara lain yang dapat dilakukan, seperti dengan mengusap layar ke kiri atau ke kanan menggunakan seluruh sisi telapak tangan, layaknya mengganti halaman buku.

Atau, jika menggunakan Samsung Note, pengguna dapat menggunakan stylus pen dengan menekan tombol pada pen, lalu arahkan ke layar sambil menandai bagian layar mana yang ingin ditangkap.

Xiaomi

Cara yang paling direkomendasikan untuk menangkap layar di ponsel Xiaomi adalah menggunakan tiga jari pengguna secara bersamaan dengan mengusap layar dari atas ke bawah. Selain mudah, cara tersebut juga lebih cepat.

Namun, jika ingin menggunakan cara-cara lainnya, pengguna dapat menekan tombol power dan volume down secara bersamaan atau menangkap layar. Selain itu, jika menggunakan navigator quick ball, pengguna dapat dengan mudah klik atau buka navigator tersebut, kemudian pilih opsi screenshot.

Oppo

Untuk menangkap layar atau screenshot dengan Oppo, pengguna dapat menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, atau menekan tombol power dan volume up secara bersamaan. Keduanya dapat berfungsi untuk menangkap layar.

Pilihan untuk menangkap layar menggunakan tiga jari juga berlaku untuk Oppo. Jika belum bisa digunakan, pengguna dapat mengaturnya terlebih dahulu melalui menu pengaturan (settings), lalu kunjungi menu gesture untuk mengaktifkan mode screenshot dengan jari. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan tiga jari untuk menangkap layar dengan cara mengusapnya dari atas ke bawah secara bersamaan.

Baca juga: Apa Itu Cybersquatting dan Potensi Bahayanya Bagi Pengguna Internet

Vivo

Masih sama, menangkap layar menggunakan Vivo juga dapat menggunakan tombol power dan volume down ditekan secara bersamaan. Opsi lain yang ditawarkan Vivo untuk menangkap layar adalah menggunakan S-Capture yang tersedia di panel kontrol jika pengguna mengusap layar dari bawah ke atas. Klik S-Capture, lalu pilih jenis tangkapan yang diinginkan, misalnya tangkapan video, tangkapan layar dengan bentuk kotak, lingkaran, dan sebagainya.

Realme

Sama seperti ponsel Android yang sebelumnya telah disebutkan, Realme juga menggunakan tombol power dan volume down yang ditekan secara bersamaan untuk menangkap layar. Selain itu, pengguna juga dapat menangkap layar dari ponsel Realme dengan mengusapkan tiga jari dari atas layar ke bawah. Namun jika tidak berfungsi, fitur tersebut mungkin belum diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu mengunjungi menu gesture di pengaturan. Kemudian, aktifkan screenshot tiga jari. Selain itu, metode screenshot lain juga dapat dilakukan Realme melalui menu smart sidebar yang terdapat di pinggir layar ponsel. Jika sudah mengaktifkan smart sidebar, pengguna hanya perlu menggeser untuk membuka bar tersebut, kemudian pilih screenshot.

Ikuti kami di