Plague Inc. Mendapat Mode Simulasi untuk Perangi Pandemi
Plague Inc/IST

Games

Plague Inc. Mendapat Mode Simulasi untuk Perangi Pandemi

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pada game Plague Inc, pemain biasanya ditugaskan membuat simulasi rekayasa genetika guna dijadikan wabah atau pandemi yang mematikan. Kini, game tersebut mendapat mode baru yang mendorong pemain memerangi pandemi itu sendiri.

Ndemic Creations selaku pengembang game ini memperkenalkan mode tersebut dengan nama Plague Inc: The Cure. Ndemic Creations mengungkapkan terbentuknya mode ini turut dibantu oleh ahli kesehatan dan penyakit menular dari seluruh dunia, termasuk Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Jaringan Peringatan dan Respons Wabah Global (GOARN).

Melalui game ini, pemain dapat melakukan simulasi pendekatan multifaset yang diperlukan untuk menghentikan pandemi. Seperti yang sedang terjadi saat ini, dunia tengah menghadapi pandemi COVID-19 dan berbagai organisasi kesehatan telah bekerja sama dengan pemerintah untuk merespon pandemi tersebut.

Meski mode ini menghadirkan simulasi untuk menghentikan pandemi, Ndemic Creations memperingatkan pemain agar tidak menganggap permainan ini sebagai model ilmiah untuk mengatasi pandemi yang sedang berlangsung nyata saat ini.

Ndemic Creation mencatat beberapa poin inti melalui blog resminya terkait mode The Cure. Pertama, pemain dapat memulai berburu penyakit dengan melacak penyebaran wabah, seperti meneliti dan menguji. Kemudian kendalikan wabah dengan melakukan pelacakan kontak, lockdown, melakukan penyuluhan, dan mempersiapkan rumah sakit.

Baca juga: Menyusuri Laut Tercemar dan Bertemu Makhluk Menyeramkan di Game Samudra

Pemain juga dapat merancang strategi agar masyarakat bersedia melakukan karantina selama terjadinya pandemi. Lalu beralih ke bagian penting, yaitu membuat, meneliti, dan mendistribusikan vaksin. Pemain dapat melakukan kerja sama global untuk mempercepat perkembangan.

Ndemic Creations mengatakan Plague Inc: The Cure akan tersedia gratis hingga COVID-19 dapat terkendali. Mode ini telah tersedia di iOS dan Android. Sementara untuk PC dan konsol akan segera menyusul.

Ikuti kami di