Mau Wajah Kamu Tampil di Film? Coba Aplikasi Reface
Aplikasi Reface/IST

Teknologi

Mau Wajah Kamu Tampil di Film? Coba Aplikasi Reface

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Belakangan ini media sosial diramaikan dengan beberapa potong adegan ikonik dari suatu film atau video musik ke media sosial. Uniknya, wajah aktor, aktris, atau penyanyi asli yang seharusnya memerankan adegan tersebut justru diganti dengan wajah pengguna.

Meskipun hanya sebatas editan, tetapi pergerakkan raut wajahnya terlihat cukup mulus seakan diedit menggunakan alat profesional. Setelah ditelusuri lebih lanjut, editan tersebut merupakan hasil karya dari aplikasi Reface.

Aplikasi Reface dapat mengubah wajah aktor, aktris, atau penyanyi terkenal menjadi wajah pengguna. Caranya cukup mudah. Setelah berhasil memasang aplikasi, pengguna dapat mengambil selfie atau mengimpor foto yang sudah ada di galeri untuk diedit. Kemudian, pilih klip film, video musik, atau GIF yang ingin digunakan bersama dengan wajah pengguna. Misalnya video aksi Iron Man atau video musik Rihanna, dan sebagainya.

Cukup sekali klik, aplikasi Reface langsung memproses pergantian wajah dalam beberapa saat hingga muncul hasilnya dan dapat diunduh oleh pengguna. Melalui deskripsi aplikasinya, Neocortext, Inc selaku pengembang aplikasi Reface menjelaskan teknologi yang mendukung proses pengeditan wajah tersebut.

"Menjadi selebriti yang mirip dengan menukar wajah Anda pada film yang sedang tren dan klip TV, atau bersenang-senang dan ganti wajah Anda dengan meme menggunakan editor wajah dan teknologi deepfake morphing wajah kami," jelasnya.

Pengembang menambahkan penjelasan mengenai teknologi deepfake yang digunakannya. Menurut mereka, teknologi deepfake lebih dari sekedar pertukaran wajah. "Dengan AI deepfake unik REFACE, selfie Anda dipetakan ke wajah lain dengan cara paling realistis yang pernah Anda lihat, dengan ekspresi wajah dan gerakan meyakinkan yang benar-benar mirip dengan Anda," paparnya.

Baca juga: Game Ini Tantang Pemain Bekerja di Restoran Horror

Reface juga menyediakan layanan berbayar dengan keuntungan bebas iklan dan watermark, serta pengguna dapat mengunggah sendiri klip yang ingin diedit wajahnya. Adapun biaya berlangganan tersebut dibanderol seharga Rp73 ribu per bulan atau Rp369 ribu per tahun.

Ikuti kami di