Daftar Perangkat Mac yang Mendukung Sistem Operasi Big Sur
macOS Big Sur berbekal berbagai fitur baru/IST

Gadget

Daftar Perangkat Mac yang Mendukung Sistem Operasi Big Sur

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Sistem operasi Mac (macOS) terbaru bernama Big Sur telah resmi diperkenalkan pada acara virtual Apple One More Thing 2020 pada 10 November 2020 lalu. Big Sur sudah bisa diunduh mulai 12 November 2020.

Big Sur merupakan merupakan sistem operasi pertama yang telah dioptimalkan untuk perangkat Mac terbaru yang kini berbasis arsitektur ARM dan chip M1. Meski begitu, Big Sur tetap dapat diunduh pada beberapa Mac generasi sebelumnya. Lalu, apa saja perangkat Mac lawas yang mendukung pembaruan sistem operasi ini? Berikut daftarnya.

• MacBook (2015 hingga yang terbaru)
• MacBook Air (2013 hingga yang terbaru)
• MacBook Pro (yang dirilis pada akhir 2013 hingga yang terbaru)
• Mac mini (2014 hingga yang terbaru)
• iMac (2014 hingga yang terbaru)
• iMac Pro (2017 hingga yang terbaru)
• Mac Pro (2013 hingga yang terbaru)

Big Sur hadir dengan berbagai fitur baru dan tampilan yang telah ditingkatkan untuk Mac. Mulai dari adanya control center, notification center, perubahan desain, hingga perubahan besar pada fitur Safari dan iMessage.

Untuk meningkatkan macOS yang digunakan menjadi macOS Big Sur, pengguna perlu memastikan bahwa Mac yang digunakan masih termasuk ke dalam daftar di atas.

Mengutip laman resmi Apple, jika ingin meningkatkan dari macOS Sierra atau versi lebih baru, macOS Big Sur memerlukan ruang penyimpanan kosong sebesar 35,5 GB. Jika meningkatkan dari versi yang lebih lawas, macOS Big Sur memerlukan ruang penyimpanan kosong hingga 44,5 GB. Sedangkan untuk meningkatkan dari OS X Mountain Lion, tingkatkan dulu ke OS X El Capitan, baru kemudian ditingkatkan ke macOS Big Sur.

Baca juga: Cara Aktifkan Fitur Chat Rahasia Vanish Mode di Instagram

Kemudian, pastikan internet dalam keadaan lancar dan Mac tidak kehabisan baterai. Untuk berjaga-jaga, pengguna dapat menyambungkan Mac ke sumber listrik.

Lalu mulai perbarui perangkat dengan memilih menu Apple (ikon apple di bagian kiri atas) > Preferensi Sistem, lalu klik Pembaruan Perangkat Lunak. Proses pembaruan perangkat disebut cukup lama. Apple menyarankan untuk melakukannya di malam hari hingga menuju pagi.

Ikuti kami di