Apple Rilis MacOS Big Sur dengan Segudang Fitur dan Tampilan Baru
macOS Big Sur berbekal berbagai fitur baru/IST

Teknologi

Apple Rilis MacOS Big Sur dengan Segudang Fitur dan Tampilan Baru

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Banyak hal baru yang diperkenalkan Apple pada acara virtualnya 10 November 2020 lalu. Hadirnya sistem operasi Mac (MacOS) baru merupakan salah satu agendanya.

Setelah Catalina, kali ini Apple menyebut MacOS barunya dengan sebutan Big Sur. Dirilisnya MacOS terbaru tentu dibarengi berbagai fitur baru yang telah ditingkatkan. Berikut beberapa fitur menarik sekaligus perubahan signifikan yang dibawa oleh MacOS Big Sur.

Tampilan

Perbedaan pertama dapat terlihat pada sisi tampilannya. MacOS Big Sur telah didesain lebih halus dan fresh dengan bentuk ikon dan jendela yang kini sudutnya dibuat tumpul. Meskipun masih terlihat familiar dengan OS sebelumnya, tetapi MacOS Big Sur lebih meninggalkan kesan modern dan cerah, dibanding OS Catalina yang cenderung gelap dan kaku. Tampilan MacOS terbaru ini mungkin akan mengingatkan pengguna dengan tampilan OS iPhone 14.

Control Center dan Notification Center

Perubahan yang paling mencolok berikutnya adalah adanya Control Center yang terletak di bagian kanan atas. Sama halnya seperti iPhone dan iPad, Control Center untuk Mac juga digunakan untuk mengontrol WiFi, Bluetooth, cahaya, volume, dan sebagainya. Notification Center juga didesain ulang dengan hasil tampilan yang lebih menarik dan berjarak, dibandingkan bar notifikasi Catalina yang cenderung terlihat padat.

Safari

Safari untuk Mac kini memiliki start page yang dapat dikustomisasi. Mulai dari foto background, penambahan situs-situs favorit, reading list, privacy report, dan sebagainya. Ada pula pembaruan pada desain tab, yang kini memungkinkan pengguna untuk melakukan preview isi dari tab-tab yang sedang dibuka, sehingga pengguna tidak perlu repot untuk klik berkali-kali karena salah pilih tab.

Selain itu, Safari kini menyematkan password monitoring yang berguna untuk membantu pengguna meningkatkan keamanan password dengan mendeteksi situs mana yang paling rawan diretas. Apple menyebutkan bahwa MacOS Big Sur menggunakan teknologi kriptografi yang lebih canggih.

Baca juga: Martha Is Dead, Game Horror Psikologi yang Bakal Hadir di PC dan Xbox Series X

Fitur keamanan lain yang ditawarkan oleh Safari ialah Intelligent Tracking Prevention untuk mengidentifikasi pelacak dan membantu mencegahnya membuat profil palsu menggunakan data milik pengguna atau mengikuti pengguna di web.

Dengan MacOS Big Sur, Safari diklaim memiliki proses loading 50 persen lebih cepat, memiliki daya lebih cepat yang disebutnya satu jam lebih hemat dibanding Chrome dan Firefox untuk melakukan penelusuran, dan 1,5 jam lebih hemat dibanding Chrome dan Firefox untuk melakukan streaming video.

Message

Jika pengguna biasa menggunakan iMessage, Apple kini menghadirkan fitur Pin Conversation untuk menempatkan obrolan penting di tempat mudah terjangkau, Inline Replies untuk melacak balasan secara lebih mudah, Mention untuk secara spesifik mengirim pesan dalam grup kepada orang tertentu, serta stiker Memoji.

Selain itu, pengguna juga dapat mencari file di kolom search secara lebih mudah karena file-file tersebut kini telah dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Misalnya foto, tautan, video, dan sebagainya.

Maps

Maps untuk Mac juga kini telah didesain ulang dan mendapatkan fitur yang dapat memberikan tempat-tempat yang direkomendasikan untuk pengguna. Untuk menuju lokasi tujuan, pengguna juga dapat membuat rencana perjalanan di map, kemudian mengirimnya ke iPhone pengguna.

Beberapa lokasi yang terdaftar juga memungkinkan pengguna untuk melihatnya secara 3D melalui map untuk mengetahui gambaran lokasi. Jika pengguna pergi ke suatu tempat yang besar seperti bandara, map juga kini menyediakan fitur Map Indoor yang dapat membantu pengguna menemukan letak toilet, tempat makan, dan sebagainya.

Ikuti kami di