Pecahkan Teka-teki dengan Meretas Ponsel Target di Game Replica
Game Replica/IST

Games

Pecahkan Teka-teki dengan Meretas Ponsel Target di Game Replica

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Jika game detektif biasa disuguhkan dalam bentuk visual seperti animasi film atau komik, game detektif versi Replica justru hadir dalam visual berbasis pixel yang tidak terlalu bermain warna.

Meski begitu, Replica tetap menyajikan narasi dan konsep yang menarik untuk dimainkan. Mulai dari plotnya, Replica bercerita tentang seorang yang diberikan tugas negara untuk meretas ponsel seseorang tak dikenal yang dicurigai memiliki bukti-bukti terorisme di dalamnya.

Yup, seseorang yang mendapatkan tugas tersebut ialah pemain. Itu sebabnya, game Replica hanya menampilkan wujud ponsel pada permainannya.

SOMI selaku pengembang game Replica menekankan pengalaman bermain dari game ini adalah rasa dilema. Ketika seseorang mendapatkan tugas negara yang begitu penting, tetapi di waktu yang bersamaan, tugas tersebut dapat menyalahi privasi orang lain, mengingat ponsel merupakan bagian dari kehidupan pribadi seseorang.

Sama halnya ketika seorang detektif melakukan investigasi, pemain dapat membongkar seluruh isi ponsel untuk menemukan jejak-jejak yang menandakan aktivitas terorisme. Tidak hanya membongkar, pemain juga dapat mengirim pesan atau melakukan panggilan dengan ponsel tersebut demi mendapatkan jawaban dari misteri yang diselidiki. Pemain akan dipandu oleh sebuah aplikasi untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Baca juga: Android 11 Go Edition Bidik Smartphone dengan Spesifikasi Seperti Ini

Adapun segala langkah yang diambil akan membawa pemain pada konsekuensi yang berbeda-beda. SOMI menyebutkan terdapat 12 endings yang dapat dijumpai oleh pemain. Jadi, jika pemain mengulang kembali game Replica, pemain mungkin akan menjumpai akhir cerita yang berbeda dengan sebelumnya.

Replica kini dapat dimainkan melalui PC dengan membelinya di Steam seharga Rp25.999, Play Store Rp29 ribu, App Store US$1.99 (sekitar Rp28 ribuan), dan baru berlayar di Nintendo Switch pekan ini seharga US$4.99 (sekitar Rp70 ribuan).

Ikuti kami di