WhatsApp Siapkan Fitur Pengelola Kapasitas Penyimpanan
Fitur Manage Storage WhatsApp/IST

Teknologi

WhatsApp Siapkan Fitur Pengelola Kapasitas Penyimpanan

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Aplikasi WhatsApp seringkali digunakan untuk mengirim file selain pesan teks, seperti foto, video, dan dokumen bentuk lain. Tanpa disadari, hal tersebut kian menyita ruang kapasitas aplikasi.

Jika sudah begitu, pengguna tidak lagi dapat mengirim atau menerima file. Menghapus satu-persatu file yang dikirim melalui WhatsApp dianggap para pengguna sebagai solusi yang kurang efektif karena menyita waktu cukup lama dan melelahkan.

Menjawab masalah tersebut, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka akan memperbarui layanan data and storage usage dengan fitur Manage Storage yang memudahkan pengguna untuk menghapus file WhatsApp yang terlalu menghabiskan banyak ruang di kapasitas penyimpanan.

Tidak perlu membuka galeri atau file dari ponsel, pengguna cukup mengunjungi menu Manage Storage yang nanti akan ditambahkan pada menu settings. Pada menu tersebut, WhatsApp akan menampilkan total kapasitas yang sudah terpakai dan yang masih tersedia, dan menghitung jumlah kapasitas yang digunakan untuk setiap ruang obrolan.

Pada cuplikan video yang diunggah oleh WhatsApp, fitur Manage Storage juga dapat menampilkan kumpulan file dengan ukuran di atas 5MB dan file yang paling banyak diteruskan (forward). Untuk menggunakannya, pengguna dapat memilih salah satu kategori atau ruang obrolan yang ingin dihapus file-filenya, kemudian pilih beberapa file atau pilih semua (select all), lalu hapus.

Baca juga: Minus Batman, Ini Empat Karakter Utama di Gotham Knights 

Dibandingkan dengan fitur yang ada saat ini, WhatsApp hanya dapat menghapus file secara langsung tanpa menyediakan opsi pratinjau file terlebih dahulu. Cara tersebut memiliki risiko pengguna menghapus file penting secara tidak sengaja. Fitur ini dikabarkan akan mulai diluncurkan untuk seluruh pengguna pada pekan ini.

Ikuti kami di