Facebook Mulai Integrasikan Direct Message Instagram dan Messenger
Integrasi fitur Direct Message Instagram dan Facebook Messenger/IST

Teknologi

Facebook Mulai Integrasikan Direct Message Instagram dan Messenger

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Sejak Agustus 2020, Facebook telah mengungkapkan rencana untuk mengintegrasikan direct message (DM) Instagram dengan aplikasi Messenger. Rencana tersebut kini mulai diimplementasikan bagi pengguna di Indonesia secara bertahap dengan membawa fitur dan tampilan baru.

Pembaruan tersebut diawali dengan pemberitahuan atau notifikasi yang muncul secara tiba-tiba ketika pengguna membuka DM Instagram.

Pemberitahuan tersebut mengumumkan bahwa DM Instagram dan Messenger telah terintegrasi, dan pengguna disarankan untuk memperbaruinya. Jika memilih setuju untuk memperbaruinya, logo DM Instagram pengguna akan langsung berubah menjadi logo Messenger.

Sesuai dengan informasi yang pernah disampaikan oleh Facebook, pengguna dapat mengirim pesan ke kontak Messenger melalui DM Instagram, atau sebaliknya. Jadi, cara kerjanya adalah lintas aplikasi.

Selain itu, Facebook menuliskan beberapa poin pembaruan yang dapat ditemukan oleh pengguna. Seperti mengganti tema atau warna chat dari menu details di sebelah tombol panggilan video, bereaksi dengan berbagai pilihan emoji dengan menekan bubble chat teman, menggeser bubble chat untuk membalas pesan, dan mengobrol dengan pengguna Facebook melalui Instagram.

Baca juga: Kamera iPhone 12 Pro Dibekali LiDAR Scanner, Apa Itu?

Bahkan, pengguna tidak perlu mengunduh Instagram dan Messenger sekaligus, cukup salah satunya saja. Yang perlu dilakukan hanya mengintegrasikan akun Facebook dan Instagram pengguna. Selain itu, DM Instagram kini juga mendapatkan beberapa fitur selfie sticker yang memungkinkan pengguna membuat stiker menggunakan foto selfie. Fitur ini sebelumnya sudah ada di aplikasi Messenger saja. 

Adapun berdasarkan pantauan Technosightz, proses integrasi dan pembaruan tersebut mungkin masih diluncurkan secara bertahap dan belum dirasakan semua pengguna hingga artikel ini dipublikasikan. Misalnya jika pengguna menggunakan lebih dari satu akun Instagram, yang berhasil diperbarui mungkin hanya salah satu akunnya saja. Obrolan di Messenger pun belum sepenuhnya dapat disinkronisasikan dengan DM Instagram.

Ikuti kami di