YouTube Mobile Punya Fitur Baru, Full Screen Cukup Swipe Up
Logo YouTube/sumber gambar: USA Today

Teknologi

YouTube Mobile Punya Fitur Baru, Full Screen Cukup Swipe Up

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - YouTube menghadirkan pembaruan pada aplikasi mereka ke seluruh perangkat mobile. Pembaruan tersebut mencakup beberapa fitur anyar seperti gesture baru, kontrol putar otomatis (Auto Play), dan tombol CC atau subtitle baru.

Bagian pembaruan yang paling signifikan adalah gesture mengusap ke atas (swipe up) untuk menampilkan video layar penuh (full screen). Jika sebelumnya pengguna menggunakan tombol full screen di bagian kanan bawah video, kali ini pengguna cukup mengusap layar ke atas.

Untuk mengembalikannya ke ukuran standar, pengguna bisa swipe down alias mengusap layar ke bawah. Fitur ini cukup bermanfaat bagi pengguna yang tidak mengaktifkan rotasi layar otomatis untuk ponselnya.

Ada juga opsi Auto Play yang kini diletakkan pada bagian kanan atas video. Sebelumnya, opsi ini terletak di bagian bawah kolom komentar.

Selain itu, YouTube juga menghadirkan fitur CC subtitle ke dalam bentuk tombol dan akan diletakkan di sebelah kontrol putar otomatis tersebut. Tombol CC cukup memudahkan pengguna untuk mengaktifkan subtitle tanpa harus menjeda video seperti sebelumnya.

Baca juga: Daftar Rekomendasi Game Offline Terbaik untuk Android

Bersama dengan pembaruan tersebut, YouTube meningkatkan fitur Chapter yang juga belum lama ini dirilis. Fitur Chapter berfungsi untuk membagi satu video ke beberapa segmen berbeda.

Selama ini, fitur Chapter hanya dapat memisahkan segmen dengan memberikan potongan dan judul berbeda di menit-menit tertentu. Agar lebih mudah, YouTube kini menambahkan menu Chapter dengan tampilan menyerupai menu DVD.

Ikuti kami di