Review Penggunaan AKG Y500 Wireless Selama Satu Bulan
AKG Y500 Wireless/TECHNOSIGHTZ

Gadget

Review Penggunaan AKG Y500 Wireless Selama Satu Bulan

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Headphone nirkabel alias wireless kini mulai diminati banyak orang. Selain praktis, headphone nirkabel umumnya juga dibarengi dengan spesifikasi yang lebih canggih.

Namun, masalah kapasitas daya kerap masih menjadi hal yang harus dipertimbangkan, terutama jika digunakan sehari-hari dalam jangka waktu yang cukup lama atau intens. Tentu akan mengganggu jika harus mengisi daya berulang kali.

Jika sedang mencari headphone nirkabel, AKG Y500 Wireless mungkin bisa menjadi pertimbangan. Headphone ini memang bukan barang baru karena sudah diperkenalkan oleh Samsung sejak 2018 lalu. Saat pertama kali diluncurkan, headphone ini dibanderol US$149,95 (sekitar Rp2,1 jutaan).

Lalu, bagaimana performa AKG Y500 Wireless? Berikut ulasannya berdasarkan pengalaman pemakaian kami menggunakan produk ini.

Desain

AKG Y500 memiliki material alumunium yang disandingkan dengan bagian foam earcups. Material tersebut memberikan kesan mengkilap, terutama jika terpapar cahaya. Namun, secara keseluruhan AKG Y500 memiliki desain yang cukup simple, tidak terlalu besar dan tidak terlalu cerah, cocok bagi pengguna yang ingin terlihat stylish tetapi tidak begitu mencolok.

AKG Y500 juga cukup praktis dibawa kemanapun karena dapat dilipat ke ukuran kecil dan dimasukkan ke kantong (pouch) yang juga terdapat dalam kemasan. Selain itu, AKG Y500 telah disertai tombol-tombol navigator. Letaknya mudah dijangkau dan tombol setiap fitur memiliki bentuk yang berbeda, sehingga mudah dikenali dan menghindari risiko salah pencet.

Fitur

Ambient Aware

AKG Y500 Wireless tak memiliki fitur noise cancelling seperti AKG N700NC. Headphone ini hanya dibekali fitur Ambient Aware yang tombolnya terletak pada speaker sebelah kanan.

Fitur ini bisa membantu pengguna agar bisa langsung menyadari suara di sekitarnya ketika sedang memutar lagu. Misalnya, jika ada seseorang yang mengajak bicara atau ketika ada pengumuman dari pengeras suara. Namun jika ingin mendengar lebih jelas, sebaiknya pause atau matikan dulu lagu yang sedang diputar.

Auto Play/Pause

Pengguna lebih mudah menjeda musik atau video dengan menekan tombol jeda yang terletak di speaker sebelah kiri. Atau cukup melepas headphone saja, musik akan otomatis berhenti. Namun, metode melepas headphone tidak selalu berhasil membuat musik berhenti, terkadang musik masih menyala meskipun headphone benar-benar sudah diletakkan di meja. Tetapi, terkadang sensornya juga bekerja sensitif hingga mudah berhenti meskipun melepas salah satu earcups saja.

Multi Connect

AKG Y500 Wireless mampu dipasangkan dengan dua perangkat. Kami telah mencobanya dengan mendengarkan musik melalui PC, kemudian menjawab telepon yang terkoneksi dengan ponsel. Fitur ini dapat bekerja dengan baik.

Kualitas suara

Dari segi kualitas suara, AKG Y500 memberikan hasil yang baik dengan porsi suara kanan dan kiri yang sangat pas. Jika pengguna merupakan penikmat musik dengan suara bass yang nendang, AKG Y500 mampu memberikan efek bass yang lumayan baik, tetapi harus dengan volume yang cukup keras jika ingin merasakan efek bass yang maksimal.

Bagi pengguna yang tidak ingin diganggu oleh latensi apa pun, seperti koneksi bluetooth yang dapat terputus secara tidak terduga, AKG menyediakan kabel jack sebagai opsi untuk menggunakan headphone tanpa koneksi wireless.

Durabilitas baterai

AKG Y500 diklaim dapat bertahan selama 33 jam dalam sekali isi daya penuh, dan mendapatkan tambahan satu jam penggunaan dengan melakukan pengisian daya selama 5 menit.

Saat coba digunakan, kinerja baterai cukup memuaskan. Dengan waktu pemakaian rata-rata kurang lebih 30 menit dalam sehari selama satu bulan, AKG Y500 Wireless masih bertahan dengan daya tersisa 30 persen. Jika habis, AKG Y500 diklaim dapat melakukan isi ulang daya cepat. Adapun kabel dan port yang disediakan adalah micro USB tanpa kepala charger.

Harga

Seperti disebutkan di atas, satu unit AKG Y500 Wireless dibanderol US$149,95 (sekitar Rp2,1 jutaan). Harga ini masih bertahan di situs resmi AKG. Namun di beberapa marketplace, ada yang menjual headphone ini mulai dari harga Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan.

Ikuti kami di