Sony Perbarui Aplikasi PlayStation, Ini Sederet Perubahannya
Aplikasi PlayStation/IST

Games

Sony Perbarui Aplikasi PlayStation, Ini Sederet Perubahannya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Menyusul Microsoft yang telah memperbarui aplikasi XBox, Sony juga telah memperbarui aplikasi PlayStation dengan sentuhan tampilan baru dan sejumlah fitur yang telah ditingkatkan.

Baik Microsoft maupun Sony diketahui sama-sama meningkatkan aplikasinya sehubungan dengan akan dirilisnya konsol baru mereka, XBox Series X dan S untuk Microsoft, serta PS5 untuk Sony.

Perubahan yang paling signifikan terdapat pada tampilan user interface (UI) yang kini didominasi oleh warna hitam dengan kesan futuristik, namun lebih fungsional dan nyaman digunakan. Dengan tampilan UI barunya, pengguna dapat mengakses informasi seputar game-game terbaru, PlayStation Store yang telah diintegrasikan, Trophy List, dan sebagainya melalui tombol navigator baru yang melengkung di bagian bawah.

Selain itu, terdapat pula kolom yang dapat menampilkan akun teman yang sedang online dan permainan apa yang sedang mereka mainkan. Untuk mengobrol bersama teman, PlayStation kini telah mengintegrasikan layanan perpesanan yang dapat diakses dengan menggulir bar yang terletak di bagian atas layar.

Dengan layanan perpesanan yang telah diintegrasikan, Sony turut menambahkan fitur voice chat yang dapat digunakan bersama-sama oleh sesama pengguna, maksimal 15 orang. Dengan fitur ini, pengguna dapat bermain game bersama teman dengan pengalaman yang lebih menyenangkan, seperti bermain game online dengan PC.

Fitur lain yang ditonjolkan melalui pembaruan aplikasi PlayStation ini adalah kemampuan remote yang lebih luas, mulai dari mengunduh game dan add-on untuk PS4 dan PS5, launch game, mengelola penyimpanan (storage) jika kehabisan ruang saat mengunduh game, dan masuk ke PS5 langsung dari aplikasi PS.

Baca juga: Fitur GoPlay Live Tawarkan Kemampuan Interaktif ketika Siaran Langsung

Melalui blog resminya, Sony hanya menyebutkan kemampuan untuk mengelola penyimpanan dapat dilakukan setelah PS5 tiba, tidak ada informasi lain yang menjelaskan bahwa fitur tersebut dapat bekerja untuk PS4.

Pembaruan aplikasi PlayStation mulai diluncurkan dari 28 Oktober 2020 di App Store dengan syarat sistem minimum iOS 12.2 dan Play Store dengan sistem Android minimum 6.0. Jika belum memiliki aplikasi PS, pengguna dapat membuat akun PlayStation Network terlebih dahulu untuk mengakses aplikasi yang diperbarui, atau klik tautan ini untuk mendaftar.

Ikuti kami di