Tingkatkan Keamanan, Zoom Hadirkan End-to-End Encryption
Aplikasi Zoom/IST

Teknologi

Tingkatkan Keamanan, Zoom Hadirkan End-to-End Encryption

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Aplikasi konferensi video, Zoom, kini telah menghadirkan end-to-end encryption (E2EE) guna meningkatkan keamanan pengguna saat melakukan panggilan video di platform mereka.

E2EE telah hadir untuk seluruh pengguna Zoom, baik gratis maupun berbayar. Namun, E2EE tidak berlaku untuk Zoom yang diakses melalui web client atau dari aplikasi pihak ketiga. Jadi, khusus untuk aplikasi Zoom saja, dan kini telah tersedia untuk Zoom versi Mac, PC, iOS, Android, dan Zoom Rooms.

Untuk menggunakannya, pengguna dapat mengunjungi menu keamanan (security), kemudian klik end-to-end encryption untuk mengaktifkannya. Jika sudah aktif, pengguna dapat melihat logo perisai berwarna hijau di bagian kiri atas dengan simbol gembok di bagian tengahnya.

Melalui blog resminya, Max Khorn selaku Head of Security Engineering Zoom menjelaskan bagaimana pihaknya menyediakan E2EE untuk panggilan video. "E2EE Zoom menggunakan kriptografi kunci publik. Singkatnya, kunci untuk setiap rapat Zoom dibuat oleh server peserta, bukan oleh server Zoom," jelas Khorn.

Dengan sistem seperti yang telah dipaparkan, Zoom tidak dapat mengakses data apapun dari panggilan video pengguna yang sedang berlangsung. "Data terenkripsi yang disampaikan melalui server Zoom tidak dapat diuraikan oleh Zoom, karena server Zoom tidak memiliki kunci dekripsi yang diperlukan," kata Khorn.

Baca juga: Sony Ungkap Daftar Game PS4 yang Tak Bisa Dimainkan di PS5

Namun, pengguna harus memastikan seluruh partisipan telah mengaktifkan E2EE agar benar-benar terproteksi. E2EE menjadi fitur yang bermanfaat bagi para partisipan yang hendak menggelar rapat dengan materi yang bersifat sensitif untuk dipublikasikan.

Konferensi video Zoom dengan E2EE mendukung maksimal dua ratus peserta dan tidak dapat dipadukan dengan fitur-fitur tertentu, seperti Cloud Recording, Live Transcription, Polling, Meeting Reactions, Breakout Rooms, dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk bergabung sebelum host.

Ikuti kami di