Cara Aktifkan Fitur Chat Rahasia Vanish Mode di Instagram
Fitur Vanish Mode di Instagram/Screenshot

Teknologi

Cara Aktifkan Fitur Chat Rahasia Vanish Mode di Instagram

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Belum lama ini, Instagram menghadirkan fitur Vanish mode yang memungkinkan pengguna mengobrol bersama teman melalui direct message tanpa meninggalkan jejak riwayat obrolan.

Artinya, pengguna dapat melakukan chat alias obrolan secara rahasia dengan fitur ini. Jika pernah menggunakan fitur Incognito pada browser Chrome, cara kerjanya kurang lebih seperti itu. Pada fitur Incognito, pengguna dapat melakukan penelusuran (browsing) tanpa meninggalkan jejak alamat situs dan kata kunci pencarian di riwayat penelusuran.

Sama halnya seperti Vanish mode Instagram, hanya saja Vanish mode berfungsi untuk obrolan. Bila ingin menggunakan mode ini di Instagram, pengguna dapat mengikuti langkah berikut ini.

1. Pilih salah satu ruang obrolan teman
2. Klik tombol seperti bendera di sebelah tombol panggilan video di bagian kanan atas
3. Jika sudah aktif, usap layar ke atas (swipe up) untuk mengubah ruang obrolan menjadi Vanish mode
4. Jika ruang obrolan pengguna sudah kosong, berarti vanish mode telah berhasil diaktifkan dan pengguna dapat mulai mengobrol
5. Untuk menonaktifkannya, klik tulisan turn off vanish mode di bagian atas ruang obrolan.

Untuk menjaga kerahasiaan obrolan, fitur ini juga akan menginformasikan jika salah satu pengguna menangkap layar obrolan (screenshot) ketika Vanish mode sedang diaktifkan. Tangkapan layar merupakan tindakan yang dapat menyimpan jejak obrolan pengguna, sehingga Instagram mencegahnya dengan memberikan notifikasi tersebut.

Baca juga: Perbaiki Hasil Pencarian Salah Eja, Google Search Mendapat Teknologi AI Baru

Tanpa Vanish mode, sebenarnya pengguna dapat menghapus riwayat obrolan dengan menggunakan fitur Unsend. Tetapi, akan menyita banyak waktu karena hanya dapat dilakukan secara manual dari bubble ke bubble.

Vanish mode saat ini masih dalam proses untuk sampai ke seluruh pengguna Instagram. Jika pengguna memiliki lebih dari satu akun Instagram, mungkin salah satunya sudah mendapatkan fitur tersebut, namun belum sampai ke akun lainnya.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-