Photoshop Punya Fitur Baru Bernama Neural Filters, Ini Kegunaannya
Fitur Neural Filters Adobe Photoshop/IST

Teknologi

Photoshop Punya Fitur Baru Bernama Neural Filters, Ini Kegunaannya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Penerapan teknologi artificial intelligence (AI) mulai dimanfaatkan Adobe pada Photoshop untuk menghadirkan fitur baru bernama Neural Filters.

Adobe menjelaskan fitur ini bisa digunakan untuk mengedit foto hitam putih menjadi foto berwarna, hingga mengedit raut wajah sesuai usia yang diinginkan.

Tidak perlu menggunakan banyak alat atau menumpuk banyak layer, Neural Filters di Photoshop sangat mudah diakses dan digunakan. Cukup buka menu Neural Filters, kemudian klik opsi yang ingin digunakan. Misalnya opsi facial age untuk mengubah usia wajah. Kemudian, geser ke kanan atau kiri untuk mengurangi atau menambahkan filter.

Fitur ini dihadirkan dengan memanfaatkan machine learning Generative Adversarial Networks (GAN) yang selama ini digunakan untuk mengubah wajah (deep fake). GAN memiliki struktur jaringan dari jenis algoritme AI yang sangat bagus dalam menemukan pola dan korelasi dalam kumpulan data yang besar.

Sebagai informasi, teknologi AI memiliki cara kerja dengan mempelajari data-data yang ada. Jadi, Adobe mengumpulkan ribuan foto sebelum dan sesudah pengeditan yang dibuat oleh fotografer profesional, kemudian memasukkan data ini ke dalam algoritme AI.

Baca juga: Nvidia Kembangkan Maxine untuk Perbaiki Kualitas Panggilan Video

Namun untuk saat ini, hasil edit foto menggunakan Neural Filters mungkin masih membutuhkan sedikit retouch untuk merapikan editannya. Adobe mengakui bahwa mereka juga mengalami kesulitan untuk mengembangkannya di sektor-sektor tertentu dan tidak luput dari bias data.

Namun, Adobe juga mengungkapkan satu keunggulan utama mereka adalah stok fotografi yang memiliki jumlah besar.

Ikuti kami di