Adobe Perkenalkan CAI, Alat untuk Mendeteksi Keaslian Gambar
Ilustrasi cek keaslian foto/IST

Teknologi

Adobe Perkenalkan CAI, Alat untuk Mendeteksi Keaslian Gambar

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Adobe akhirnya membawa Content Authenticity Initiative (CAI) ke beta terbaru Photoshop. CAI adalah alat yang memungkinkan kreator untuk menambahkan informasi mengenai foto yang diedit, termasuk aset apa saja yang digunakan untuk membuat satu foto tersebut.

Artinya, alat ini juga dapat mengungkap foto-foto asli atau palsu. Pada video perkenalannya, Adobe mendemonstrasikan bagaimana CAI bekerja pada Photoshop. Dalam video tersebut terlihat Adobe mencoba untuk mengedit foto dengan memalsukan background foto seseorang dengan foto pemandangan yang ditangkap oleh orang lain.

Pada menu content credentials, Adobe memilih untuk mengaktifkan attach data dan mencentang seluruh data yang dapat ditampilkan, seperti diproduksi oleh siapa, aset-aset yang digunakan, dan sebagainya. Namun, juga bisa dinonaktifkan.

Jika memiliki akun Behance, media sosial untuk berbagi portofolio kreatif milik Adobe, pengguna dapat mencoba untuk mengunggahnya ke platform tersebut. Setiap foto yang diunggah pasti memiliki informasi atau details yang dapat mengungkap waktu foto diambil, dan lain-lain. Foto yang diunggah di akun Behance dapat mengungkap data-data yang sebelumnya telah dijelaskan, hingga aset-aset yang digunakan.

Jadi, Adobe akan menampilkan beberapa aset yang menjadi komponen foto. Misalnya seperti pada kasus sebelumnya, Adobe akan menampilkan foto pemandangan asli dan foto seseorang yang ditempelkan pada pemandangan tersebut.

Baca juga: Cek Spesifikasi PC untuk Main Assasin`s Creed Valhalla

Jika ingin melihat informasi lebih lanjut seputar aset foto tersebut, pengguna dapat klik view more dan Adobe akan menggiring pengguna ke halaman verify.contentauthenticity.org yang dapat mengungkap lebih dalam lagi keaslian foto, bahkan pengguna dapat membandingkan dengan foto aslinya.

Sejauh ini, alat CAI hanya dapat diaplikasikan untuk foto saja. Adobe dan mitranya berencana untuk mengembangkannya pada jenis media lain, termasuk video, untuk membantu mengatasi penyalahgunaan deep fakes.

Ikuti kami di