Cara Hapus Akun Instagram Permanen dan Sementara
Logo Instagram/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Cara Hapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Karena alasan tertentu, pengguna Instagram memutuskan untuk menutup akunnya. Namun, opsi untuk menghapus akun itu sendiri tidak tersedia di menu pengaturan aplikasi Instagram.

Pengguna yang tidak mengetahui bagaimana cara menghapus akun Instagram, biasanya memilih menelantarkan akun lamanya atau uninstall aplikasi.

Meskipun rasanya aman-aman saja, ada baiknya untuk berjaga-jaga melindungi data yang terdaftar di Instagram dari penyalahgunaan yang dapat merugikan pengguna. Karena jika ditelantarkan begitu saja, akun Instagram pengguna masih dapat ditemukan oleh pengguna lain, jadi lebih baik dinonaktifkan.

Untuk menonaktifkannya, pengguna dapat mengakses akun Instagram melalui browser PC atau ponsel. Instagram menyediakan dua opsi untuk menonaktifkan akun, yaitu untuk jangka waktu sementara dan secara permanen, berikut perbedaannya.

Nonaktif sementara

Opsi ini mungkin cocok bagi pengguna yang ingin rehat sejenak dari Instagram atau berusaha untuk tidak membuka Instagram karena mengganggu konsentrasi belajar atau bekerja. Dengan opsi ini, akun pengguna akan hilang dan tidak dapat dicari oleh siapapun selama yang pengguna inginkan. Berikut cara mengaktifkannya.

1. Log in akun Instagram melalui browser, www.instagram.com
2. Buka profil pengguna
3. Klik edit profile
4. Gulir halaman edit profile hingga paling bawah, kemudian klik tulisan temporarily disable my account
5. Pilih alasan pengguna menonaktifkan akun
6. Masukkan password akun
7. Akhiri dengan klik tombol temporarily disable my account

Instagram hanya memberikan satu kali kesempatan dalam seminggu untuk menonaktifkan akun secara temporer. Jadi, jika pengguna memutuskan untuk kembali membukanya dengan cara log in, pengguna baru dapat menonaktifkannya lagi satu minggu kemudian.

Baca juga: Aplikasi Ini Bisa Membantu Membuat Ikon Custom di iOS 14

Hapus akun permanen

Sebaliknya, opsi ini justru akan menghapus akun dan seluruh data pengguna yang didaftarkan di Instagram secara permanen. Jika sudah yakin menutup akun Instagram, pengguna dapat mengikuti langkah berikut ini.

1. Log in akun Instagram melalui browser, www.instagram.com
2. Buat tab baru di browser dan klik tautan ini
3. Pilih alasan pengguna menonaktifkan akun
4. Masukkan password akun
5. Akhiri dengan klik tombol permanently delete my acount.

Melalui halaman hapus akun tersebut, Instagram juga menjelaskan jika suatu saat pengguna ingin membuat akun Instagram baru, pengguna tidak dapat menggunakan username yang sebelumnya digunakan.

Ikuti kami di