Hum to Search, Fitur Baru Google untuk Mencari Lagu Tanpa Lirik
Tampilan fitur Hum to Search Google/IST

Teknologi

Hum to Search, Fitur Baru Google untuk Mencari Lagu Tanpa Lirik

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Google memperkenalkan fitur Hum to Search yang memungkinkan pengguna untuk mencari tahu judul lagu hanya dengan mencontohkan melodi atau nada lagunya.

Karena tidak hafal liriknya, pengguna dapat menyanyikannya dengan bersiul atau sekedar bersenandung "hhmmm, dadada, dududu, nanana". Kemudian, Google akan mencarikan judul lagu dengan nada yang paling sesuai dengan nada yang disenandungkan pengguna.

Fitur ini telah tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Namun sayangnya fitur ini belum bisa mendeteksi perintah yang diutarakan dalam bahasa Indonesia. Cara menggunakannya, pengguna dapat mengunjungi Google Search, kemudian ketik what`s this song?. Halaman Google akan otomatis berubah menjadi listening..., dan pengguna dapat mulai bersenandung selama 10-15 detik.

Pengguna juga dapat menggunakan asisten suara Google untuk mencarinya dengan bertanya menggunakan kalimat yang sama, Ok, Google. What`s this song? dan dilanjutkan dengan bersenandung. Google akan memberikan informasi seputar lagu tersebut beserta dengan video, lirik, penyanyi, dan lagu lainnya yang diluncurkan pada album yang sama jika ada.

Baca juga: Perbedaan Fitur Auto Synchronization dan Link to Windows di Perangkat Samsung

Google menjelaskan fitur tersebut memiliki mesin dengan cara kerja mempelajari dan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi lagu. Mesin tersebut dilatih untuk mengidentifikasi lagu berdasarkan berbagai sumber, termasuk nyanyian manusia, siulan atau senandung, serta rekaman studio.

Adapun mesin tersebut tidak fokus pada kualitas suara pengguna dan seberapa cocok kunci atau nada yang dinyanyikan. Tetapi semua itu dicocokkan berdasarkan angka-angka yang mewakili melodi lagu tersebut.

Ikuti kami di