Kamera iPhone 12 Pro Dibekali LiDAR Scanner, Apa Itu?
iPhone 12 Series/IST

Gadget

Kamera iPhone 12 Pro Dibekali LiDAR Scanner, Apa Itu?

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Apple sudah resmi mengumumkan varian iPhone 12 series yang dikabarkan akan rilis pada 23 Oktober 2020. Selain desain, iPhone 12 tentu dibekali dengan berbagai spesifikasi dan fitur-fitur baru.

Satu di antara fitur menarik yang disematkan adalah LiDAR scanner yang ditempatkan bersama dengan kamera belakang iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max berbentuk lingkaran hitam pekat. Lalu, apa kegunaan fitur tersebut?

LiDAR, atau Light Detection and Ranging adalah teknologi yang berfungsi untuk memindai (scan) dan memetakan lingkungan di sekitar pengguna dengan menembakkan sinar laser, lalu menentukan waktu seberapa cepat cahaya laser tersebut kembali. Cara kerjanya mirip dengan radar, hanya saja LiDAR menggunakan laser untuk menilai jarak dan kedalaman.

Untuk keperluan kamera seperti iPhone, LiDAR berfungsi untuk memindai objek yang akan ditangkap oleh kamera dan menghasilkan tangkapan terbaik. Terlebih, saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan fitur kamera dengan filter AR, seperti Instagram atau Snapchat. Dengan LiDAR, efek AR tersebut nantinya dapat bereaksi dengan tepat di wajah pengguna atau objek foto, karena telah dipindai dengan tepat.

Baca juga: Windows 10 Mendapat Widget Task Manager untuk Kebutuhan Gaming

Sebelum iPhone 12 Pro dan Pro Max, LiDAR sudah lebih dulu ditanamkan Apple untuk iPad Pro 2020 sejak Maret 2020. Selain untuk kamera ponsel, LiDAR baru-baru ini juga dimanfaatkan untuk mobil self-driving yang berfungsi mendeteksi objek sekitar, seperti pejalan kaki atau pesepeda agar terhindar dari resiko bertabrakan.

Ikuti kami di