Berburu Hantu bersama Teman di Game Phasmophobia
Phasmophobia/IST

Games

Berburu Hantu bersama Teman di Game Phasmophobia

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Phasmophobia, game horror pendatang baru karya Kinetic Game ini rupanya sedang mencuri perhatian para gamers.

Bagaimana tidak? Jika game horror biasa dimainkan single player, Phasmophobia dapat dimainkan secara multiplayer sebanyak empat pemain, sehingga uji nyali akan terasa lebih seru.

Meskipun baru dirilis pada September 2020, Phasmophobia berhasil menempati posisi nomor satu kategori top seller game di Steam. Harga game ini pun tidak terlalu mahal, hanya Rp89 ribu. Selain itu, Phasmophobia juga mulai mendominasi platform streaming Twitch.

Selain dapat dimainkan secara multiplayer, Phasmophobia juga menarik karena suasana dan hantunya benar-benar menyeramkan. Tidak seperti game horror lainnya yang mana pemain harus memecahkan kasus dan teka-teki dengan menyusuri lokasi menyeramkan, cerita Phasmophobia lebih sederhana.

Intinya, para pemain akan berperan sebagai pengusir atau pemburu hantu, seperti cerita film Ghostbuster atau Paranormal Activity. Dalam permainan, para pemain akan ditugaskan ke beberapa lokasi yang tersedia, seperti sekolah atau rumah-rumah di pinggir jalan.

Selama mencari hantu, pemain dibekali peralatan pendukung seperti yang terlihat di film-film, misalnya senter UV untuk menemukan sidik jari hantu, papan Ouija, hingga termometer untuk mendeteksi jika ada perubahan suhu ruangan penanda kehadiran hantu. Namun, pemain dibatasi dengan kemampuan untuk membawa tiga peralatan pendukung saja.

Baca juga: Penerangan dengan Korek Api Tambah Kesan Horror Amnesia: Rebirth

Lebih menyeramkan lagi, Phasmophobia mengharuskan para pemain untuk mengaktifkan obrolan suara. Dengan mengombinasikan teknologi AI, hantu-hantu dalam permainan dapat merespon tindakan pemain. Misalnya, ketika nada berbicara pemain sudah terdengar ketakutan atau terburu-buru, hantu-hantu tersebut dapat mendengar dan meresponnya dengan menghambat pemain untuk menyelesaikan tugasnya.

Bukan hanya pemain yang mengejar-ngejar hantu, tetapi hantu-hantu tersebut juga dapat mengejar-ngejar, bahkan membunuh pemain. Tetapi lebih sering menakut-nakuti. Terkadang mereka juga berbicara kepada pemain.

Untuk menambah kesan horror, Phasmophobia juga dapat dimainkan menggunakan VR. Berani coba?

Ikuti kami di