Mitra Pengemudi Gojek Bisa Laporkan Order Fiktif Lewat Fitur Ini
Logo baru Gojek/IST

News

Mitra Pengemudi Gojek Bisa Laporkan Order Fiktif Lewat Fitur Ini

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan mitranya, Gojek menghadirkan fitur baru yang termasuk dalam bagian Gojek SHIELD. Salah satu fitur anyar tersebut yakni pelaporan order fiktif (Ofik) tanpa harus menghubungi call center.

Inovasi dalam fitur baru ini dikembangkan berdasarkan aspirasi serta kebutuhan mitra pengemudi di lapangan. Memanfaatkan machine learning dan kecerdasan buatan (artificial intelligence), berikut penjelasan dua fitur baru tersebut.

Lapor Ofik

Lewat fitur ini mitra pengemudi dapat melaporkan order fiktif langsung dari aplikasi pengemudi tanpa harus menelpon call center. Memanfaatkan kecanggihan machine learning dan kecerdasan buatan, dalam waktu kurang dari dua menit setelah laporan dibuat melalui aplikasi, Gojek mengklaim sistem akan secara otomatis membatalkan order yang terindikasi fiktif.

Deteksi penggunaan Fake GPS

Seperti yang tercantum dalam Tata Tertib Gojek (Tartibjek), demi melindungi keamanan mitra, Gojek sejak awal telah melarang penggunaan perangkat lunak yang dianggap ilegal seperti Fake GPS dan Mod App atau aplikasi modifikasi.

Teknologi Gojek telah mampu mendeteksi dan menindak secara otomatis mitra yang menggunakan hal tersebut. Apabila terdeteksi sistem, pengguna yang terdeteksi akan mendapat sanksi bertahap, mulai dari penonaktifan akun sementara sampai dengan pemutusan kemitraan.

Baca juga: Nvidia Kembangkan Maxine untuk Perbaiki Kualitas Panggilan Video

"Teknologi machine learning dan kecerdasan buatan telah kami manfaatkan untuk mendeteksi serta menindak berbagai tindakan curang yang merugikan mitra pengemudi," ujar Head of Driver Operations - Trust & Safety Gojek, Kelvin Timotius, dalam siaran persnya.

Adapun sebelumnya Gojek juga telah memperbarui fitur-fiturnya seperti menghadirkan fitur Verifikasi Muka, Penyamaran Nomor Telepon (number masking) yang dapat melindungi nomor telepon pengguna dan mitra pengemudi dari penyalahgunaan, maupun fitur-fitur yang meningkatkan keamanan secara umum seperti tombol darurat (emergency button) dan bagikan perjalanan (share trip).

Ikuti kami di