WhatsApp Luncurkan Fitur Baru untuk Permudah Pencarian File
Ilustrasi aplikasi WhatsApp/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru untuk Permudah Pencarian File

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Selain untuk mengirim pesan dalam bentuk tulisan, aplikasi WhatsApp juga biasa digunakan untuk mengirim foto, video, bahkan file dokumen dalam bentuk lain.

Karena jumlahnya yang banyak dan sudah tertimbun oleh pesan-pesan lain, pengguna mungkin kesulitan mencari file-file tersebut jika suatu saat dibutuhkan.

Untuk mempermudahnya, WhatsApp menambahkan fitur pencarian baru yang sudah dikelompokkan berdasarkan jenis file. Misalnya foto, video, audio, dokumen, tautan, atau GIF.

Melalui akun Twitter resminya, WhatsApp mengumumkan pihaknya telah memudahkan pengguna untuk menelusuri semua media (foto, GIF, tautan, video, dokumen, audio) di platform mereka. Sekarang pengguna dapat mencari kontak tertentu, lalu memilih jenis media dan menambahkan kata kunci untuk melihat obrolan dan pesan sebelumnya dengan lebih efektif.

Maksud dari cuitan tersebut adalah pengguna tidak hanya dapat mencari berdasarkan kategorinya, tetapi pengguna juga dapat menambahkan kata kunci yang berkaitan dengan file tersebut. Seperti nama file atau nama kontak yang mengirim file itu. Sehingga pencarian bisa dilakukan lebih spesifik dan efektif.

Baca juga: Fall Guys Season 2 Segera Rilis, Ini Bedanya dengan Season 1

Untuk menggunakannya, pengguna dapat klik tombol pencarian (ikon kaca pembesar) di bagian kanan atas. Kemudian, ikon foto, video, tautan, dan sebagainya langsung muncul di bagian bawah kolom pencarian. Pengguna dapat memilih salah satu dari ikon tersebut, sesuai dengan file yang ingin dicari.

Setelah memilih salah satunya, pengguna dapat mendukung pencarian menggunakan kata kunci. Kalau pun tidak ingat kata kuncinya atau siapa yang mengirimnya, pengguna dapat secara manual dengan menggulir layar hingga menemukan file yang dicari.

Fitur pencarian ini sudah lebih dulu rilis di perangkat iOS, namun kini juga sudah dapat digunakan oleh seluruh pengguna Android.

Ikuti kami di