Google Meet Mendapat Tambahan Fitur Breakout Rooms
Google Meet/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Google Meet Mendapat Tambahan Fitur Breakout Rooms

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar atau pekerjaan yang kini dilakukan secara daring seringkali menyulitkan jika ingin dilakukan secara berkelompok. 

Misalnya dalam satu kelas mata pelajaran terdiri atas beberapa kelompok belajar. Tentu merepotkan bagi guru jika ingin mengawasi kelompok belajar tersebut secara bersamaan melalui konferensi video. Begitu pula jika kasus serupa terjadi di lingkungan kerja.

Untuk mengatasinya, Google menambahkan fitur Breakout Rooms pada platform Meet yang memungkinkan host untuk mengelompokkan para partisipan ke dalam ruang panggilan video yang berbeda-beda. Misalnya kelompok belajar A, kelompok belajar B, dan sebagainya.

Kelompok-kelompok yang dibentuk tersebut sebenarnya masih dalam kanal panggilan video yang sama, hanya ruangnya saja yang berbeda. Sama halnya seperti belajar berkelompok di dalam kelas, masing-masing kelompok duduk bersama membentuk lingkaran dan membahas materinya masing-masing tanpa dicampuri kelompok lain.

Adapun ruangan-ruangan tersebut hanya dapat diatur oleh host, mulai dari menambah dan mengurangi anggota, hingga keluar masuk ruangan. Jika diibaratkan di dunia nyata, host tersebut merupakan guru yang sedang mengawasi kelompok-kelompok belajar di dalam kelas.

Google mengungkapkan fitur Breakout Rooms menjadi fitur yang paling banyak diusulkan oleh para pengguna. Dan kini pengguna Google Meet dapat membuat hingga seratus Breakout Rooms dalam satu kali panggilan.

Baca juga: Tambahkan Add-On Ini agar Tampil Beda ketika Video Conference

Sebelum Google, fitur serupa sudah diluncurkan lebih dulu oleh Microsoft untuk aplikasi panggilan video Teams bersama dengan berbagai fitur barunya. Fungsi dan cara menggunakannya juga tidak jauh berbeda.

Breakout Rooms kini telah mulai diluncurkan dan akan segera tersedia untuk semua pelanggan Enterprise for Education. Jika belum pernah menggunakan Google Meet, pengguna dapat dengan mudah menemukannya di halaman atau aplikasi Gmail, karena Google telah mengintegrasikannya sejak awal tahun ini.

Ikuti kami di