Slack Kembangkan Fitur Video Stories, Apa Bedanya dengan Platform Lain?
Prototype fitur Video Stories Slack/IST

Teknologi

Slack Kembangkan Fitur Video Stories, Apa Bedanya dengan Platform Lain?

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Fitur stories jamak ditemukan di berbagai media sosial seperti Snapchat, Facebook, maupun Instagram. Namun, apa jadinya jika fitur serupa juga terdapat di aplikasi pesan seperti Slack?

Melalui acara Slack Frontiers, Slack memperenalkan beberapa fitur dan salah satu yang menarik adalah pengembangan fitur Video Stories. Video Stories rencananya bisa dibagikan pengguna melalui channel atau direct message, dan tak akan hilang setelah 24 jam. Selain itu, fitur ini juga disebut tak menyediakan filter wajah seperti fitur Stories di media sosial.

Pihak Slack menjelaskan latar belakang Video Stories dikembangkan yakni agar pengguna bisa berbagi pesan dengan tim mereka lebih cepat atau memperbarui status tanpa harus melalui sesi konferensi video. Sebagai informasi, fitur ini masih dalam bentuk prototype dan belum termasuk di product roadmap.

Selain Video Stories, Slack juga membawa prototype lainnya dengan sebutan Anytime Audio. Fitur ini berfungsi untuk percakapan spontan yang mungkin tidak cukup penting untuk video call.

Sementara untuk fitur yang akan datang, Slack memperkenalkan Slack Connect Direct Message, Verified Organizations, dan Managed Connections. Slack Connect Direct Message merupakan perpanjangan dari fitur Slack Connect yang memungkinkan hingga 20 perusahaan berkomunikasi satu sama lain.

Seperti fitur direct message yang biasa dimiliki oleh aplikasi media sosial, Slack Connect Direct Message juga berfungsi mengirim pesan secara personal satu sama lain. Cara kerjanya seperti PIN BlackBerry, yang mana pengguna harus terlebih dahulu menerima permintaan untuk "berteman" dengan tautan tertentu jika ingin bertukar pesan secara personal. Fitur ini dianggap Slack dapat membantu pengguna untuk berkomunikasi secara personal tanpa harus berpindah ke aplikasi lain.

Baca juga: Mirip Instagram, LinkedIn Luncurkan Fitur Stories

Karena aplikasi Slack menyangkut komunikasi antar perusahaan, Slack berencana meluncurkan fitur Verified Organizations untuk memastikan perusahaan yang dihubungi dapat dipercaya. Verified Organizations akan ditandai dengan tanda centang.

Sementara Managed Organizations merupakan fitur yang memungkinkan admin IT perusahaan pengguna melakukan pre-approve channel request dari perusahaan lain. Slack Connect Direct Messages, Verified Organizations and Managed Connections dikabarkan akan hadir pada awal tahun 2021.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-