Mundaun, Game Horror dengan Tampilan Visual Sketsa Pensil
Tampilan game Mundaun/IST

Games

Mundaun, Game Horror dengan Tampilan Visual Sketsa Pensil

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Kesan horror pada sebuah game bisa ditampilkan dalam beberapa cara. Salah satunya melalui tampilan visual. Berbeda dengan visual game horror lainnya, Mundaun yang dikembangkan oleh Hidden Fields justru hanya menggunakan visual dengan sketsa pensil.

Game ini menceritakan tentang seorang karakter yang melakukan perjalanan ke kota asal kakeknya setelah kematian misteriusnya, dan akhirnya terjerat dalam beberapa peristiwa aneh dan menakutkan.

Mundaun mengambil latar sebuah lokasi di pegunungan Alpen Swiss dan semuanya disketsa menggunakan pensil. Jadi, visual yang ditampilkan hanya putih, hitam, dan abu-abu saja. Tidak mengurangi kesan horrornya, visual tersebut mungkin justru mendukung kesan horror yang akan timbul ketika bermain.

Game ini didesain oleh Michel Ziegler sejak tahun 2015 dan sebenarnya telah dibocorkan oleh Ziegler sendiri pada tahun 2018 melalui akun Twitter pribadinya. Latar cerita di pegunungan Alpen juga terinspirasi dari pengalaman Ziegler ketika ia sedang berlibur ke Swiss di masa kecilnya.

Untuk lebih menekankan sisi autentik dari game ini, Mundaun diketahui akan memuat beberapa dialog yang direkam dalam bahasa Romansh, yaitu bahasa eksklusif yang digunakan di wilayah tenggara Swiss dan hanya digunakan oleh 44 ribu orang pada tahun 2017. Selain itu, pengembang juga mencontoh rumah seorang seniman di tahun 1950an yang pernah dibangun di wilayah tersebut guna dimasukkan ke dalam game.

Dari segi mekanisme permainan, Mundaun memiliki sistem sebab dan akibat. Namun belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai sistem permainan tersebut. Yang pasti pemain juga akan menjelajahi pegunungan salju dengan makhluk-makhluk menyeramkan yang harus dihindari, dan menyelesaikan teka-teki seperti game horror pada umumnya.

Baca juga: Bagaimana Rasanya Menjadi Streamer? Simulasikan dengan Game Ini

Mundaun baru akan dirilis pada musim semi tahun 2021 mendatang, atau sekitar pertengahan hingga akhir tahun 2021. Selain untuk PS5 dan XBox Series, Mundaun juga akan hadir untuk PC, Switch, PS4, dan Xbox One.

Ikuti kami di