Nvidia Kembangkan Maxine untuk Perbaiki Kualitas Panggilan Video
Nvidia AI Video Compression/IST

Teknologi

Nvidia Kembangkan Maxine untuk Perbaiki Kualitas Panggilan Video

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Panggilan video sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat saat ini mengingat dibatasinya aktivitas di luar ruangan, seperti sekolah dan bekerja. Namun, kualitas panggilan video kerap menjadi masalah yang menghambat aktivitas ketika menerima informasi.

Melihat masalah tersebut, Nvidia mengembangkan platform konferensi video berbasis AI bagi para pengembang bernama Nvidia Maxine.

Platform ini diklaim dapat memperbaiki beberapa masalah panggilan video. Nvidia sendiri merupakan perusahaan multi teknologi yang selama ini terkenal dengan produk graphic processor unit (GPU) untuk meningkatkan kualitas gaming.

Begitu pula dengan Maxine yang dinyatakan Nvidia akan menggunakan GPU andalannya dan dipadu dengan teknologi AI untuk meningkatkan kualitas panggilan video. Nvidia mengklaim teknologi tersebut mampu mengurangi kebutuhan bandwidth video hingga sepersepuluh dari persyaratan standar kompresi video streaming H.264 (advanced video coding) dengan mentransmisikan titik wajah utama, dan meningkatkan resolusi video.

"Kami semua pernah mengalami saat-saat ketika bandwidth menjadi batasan dalam video konferensi yang kami lakukan sehari-hari," ungkap Richard Kerris selaku General Manager for Media and Entertainment Nvidia.

"Jika kita menerapkan AI pada masalah ini, kita dapat merekonstruksi scene yang berbeda di kedua ujungnya dan hanya mengirimkan apa yang perlu dikirim. Dengan demikian, bandwidth akan dikurangi secara signifikan," sambungnya. Itu pula sebabnya, Nvidia mengklaim bahwa teknologi AI untuk panggilan video mampu mengurangi konsumsi data internet.

Nvidia mengatakan fitur kompresinya menggunakan metode AI yang dikenal sebagai Generative Adversarial Networks (GAN) untuk merekonstruksi sebagian wajah pemanggil di cloud. Teknik ini juga seringkali digunakan untuk menunjang teknologi pengubah wajah deepfake.

Baca juga: Waze Permudah Pengguna Merencanakan Perjalanan dari Desktop

Melalui cuplikan video yang diunggah oleh Nvidia, kualitas video yang mampu diperbaiki oleh Maxine meliputi resolusi, noise, face alignment, dan virtual background yang lebih halus. Adapun selain fitur AI, Maxine juga menyediakan fitur lain seperti pencahayaan ulang wajah (face re-lighting), terjemahan dan transkripsi secara real time, dan avatar animasi.

Sebagai catatan, Nvidia Maxine bukanlah sebuah aplikasi panggilan video layaknya Zoom atau Skype. Di sini, Nvidia berperan sebagai pihak ketiga yang mampu menanamkan teknologi tersebut ke aplikasi panggilan video.

Sejauh ini, Nvidia baru menggandeng perusahaan teknologi komunikasi Avaya untuk menerapkan teknologi tersebut, dan belum mengumumkan kerja sama dengan pengembang aplikasi panggilan video lainnya.

Ikuti kami di