Serasa Nonton di Bioskop, Apple Hadirkan Fitur Spatial Audio
Apple hadirkan fitur Spatial Audio/IST

Teknologi

Serasa Nonton di Bioskop, Apple Hadirkan Fitur Spatial Audio

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pada September 2020 lalu, Apple mengumumkan pembaruan untuk Airpods Pro dengan memperkenalkan fitur spatial audio. Audio spasial itu sendiri merupakan efek suara 3D yang tercipta akibat dari manipulasi suara yang diciptakan oleh speaker.

Jika diibaratkan, efek suara audio spasial mungkin terdengar seperti suara yang diputar di bioskop, dimana pengguna merasakan seolah-olah suara memenuhi seluruh ruangan dan datang dari segala arah. Apple mengatakan fitur audio spasialnya menggunakan algoritme untuk mengubah suara surround (5.1, 7.1, atau Dolby Atmos) menjadi audio spasial. Kemudian, algoritme tersebut menerapkan filter audio yang terarah dan menyesuaikan frekuensi ke setiap telinga untuk mencapai efek imersi.

Seberapa besar perbedaan suara yang dihasilkan oleh audio spasial jelas bervariasi, tergantung pada kontennya. Saat ini, beberapa aplikasi streaming juga sudah menanamkan fitur audio spasial yang dapat mendukung kerja earphone dengan fitur tersebut, misalnya Netflix atau HBO.

Namun, fitur ini tetap tidak dapat menyaingi efek audio spasial yang ditemui di ruangan home theatre seperti bioskop. Setidaknya, pengalaman menonton pengguna kini menjadi lebih baik dan berdimensi. Untuk mengaktifkan fitur audio spasial, pengguna harus terlebih dahulu memastikan bahwa perangkat Apple yang digunakan termasuk dalam daftar berikut ini.

• AirPods Pro
• iPad Pro 12.9‑inch (3rd generation) dan yang terbaru
• iPad Pro 11‑inch
• iPad Air (3rd generation)
• iPad (6th generation) dan yang terbaru
• iPad mini (5th generation)
• iOS or iPadOS 14 atau yang terbaru
• Konten audiovisual berasal dari aplikasi yang mendukung fitur audio spasial

Baca juga: Berbekal Fitur Noise Cancelling, Shure Luncurkan Headphone Nirkabel Aonic 50

Jika sudah memastikan perangkat dan aplikasi yang digunakan, pengguna dapat menggunjungi settings > bluetooth, kemudian cari nama Airpod pengguna, klik tombol info (i), pilih turn on spatial audio. Pengguna juga dapat dengan mudah menonaktifkannya dengan menyentuh dan menahan kontrol volume. Ikon fitur spatial audio akan muncul untuk menandakan jika fitur tersebut aktif atau tidak. Jika aktif, ikonnya akan muncul berwarna biru. Namun jika tidak aktif, ikon akan muncul berwarna hitam.

Ikuti kami di