Penerangan dengan Korek Api Tambah Kesan Horror Amnesia: Rebirth
Amnesia: Rebirth/IST

Games

Penerangan dengan Korek Api Tambah Kesan Horror Amnesia: Rebirth

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Setelah sepuluh tahun, game horror Amnesia: The Dark Descent akhirnya mendapatkan sekuel keduanya dengan judul Amnesia: Rebirth yang akan dirilis pada 20 Oktober 2020 mendatang. Dibandingkan dengan sekuel sebelumnya, Amnesia: Rebirth memiliki latar cerita yang lebih kuno dan sistem permainan yang lebih kompleks.

Pada sekuel Rebirth, pemain akan memerankan tokoh protagonis bernama Tasi Trianon yang melakukan perjalanan di gurun Algeria pada tahun 1930an. Ternyata, latar waktu permainan mempengaruhi sumber cahaya yang digunakan. Pada sekuel pertama yang diatur pada tahun 1980an, pemain diizinkan untuk menggunakan tinderbox untuk menerangi jalan dengan jangkauan cahaya yang agak jauh dari pandangan pemain. Sementara untuk Rebirth, pemain hanya diizinkan untuk menggunakan korek api dengan jangkauan cahaya sangat minim.

Frictional Games, selaku pengembang game Amnesia, menjelaskan bahwa korek api tersebut memiliki jumlah yang terbatas dan akan padam secara tidak terduga, seperti kerja korek api pada umumnya. Ada pula fakta bahwa korek api akan mati jika pemain bergerak terlalu cepat. Otomatis, pemain diharuskan untuk menjelajahi lokasi dengan perlahan-lahan. Kalaupun menemukan makhluk menyeramkan, mungkin baru akan terlihat jika makhluk tersebut sudah berdiri selangkah dari cahaya korek pemain. Sistem penerangan ini tentunya menambah kesan horror dari game ini.

Tidak hanya soal penerangan, Frictional Games juga menghadirkan sebuah penyakit misterius pada karakter Tasi yang membuatnya rentan untuk menjelajahi lingkungan yang meresahkan dan menyeramkan. Sistem permainan ini disebut dengan sanity system. Pada trailernya, memang diperlihatkan bahwa Tasi seringkali terdengar kaget begitu ia menemukan hal-hal menyeramkan atau mendengar suara-suara aneh.

Baca juga: Ada Fitur Remote Play, Ini Sederet Pembaruan Aplikasi Xbox di iOS

Terinspirasi dari game horror SOMA yang dikembangkan Frictional Games, karakter pemain akan memburuk dari waktu ke waktu. Hal ini menyangkut penyakit Tasi yang sebelumnya telah dijelaskan. Jadi, pemain juga mau tidak mau harus memperhatikan kondisi ketakutan Tasi karena hal tersebut dapat memperburuk kondisinya dan berakibat pada keputusasaan.

Amnesia: Rebirth dapat dimainkan melalui PC atau PS4 mulai tanggal 20 Oktober 2020. Namun, pemain sudah dapat melakukan pre-order melalui Steam dengan potongan harga sepuluh persen menjadi Rp125.999 (semula Rp139.999).

Ikuti kami di