5 Rekomendasi Game Horror yang Pas untuk Uji Nyali
Resident Evil 3/IST

Games

5 Rekomendasi Game Horror yang Pas untuk Uji Nyali

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Tak hanya nonton film, penggemar horror juga bisa uji nyali dengan bermain game. Game horror pada umumnya disajikan dalam bentuk petualangan, eksplorasi, dan survival.

Pola permainan game horror seperti menyerang hantu atau makhluk menyeramkan dan memecahkan kasus atau teka-teki yang melandasi cerita horror pada game tersebut. Lalu, apa saja game horror yang patut dicoba? Berikut beberapa rekomendasinya.

Resident Evil

Tidak hanya di kalangan gamers, Resident Evil juga populer di kalangan masyarakat pada umumnya. Selain karena telah eksis selama 24 tahun di dunia game, Resident Evil juga telah memperoleh seri filmnya sejak tahun 2002 hingga tahun 2016, seri anime, komik, hingga novel.

Namun franchise Resident Evil itu sendiri juga merupakan adaptasi dari game Resident Evil yang pertama kali rilis tahun 1996. Game horror karya Capcom ini bercerita tentang sebuah kota bernama Raccoon City yang telah bertransformasi sebagai kota penuh zombie atau bahkan makhluk mutan akibat virus T yang dikembangkan oleh Umbrella Corporation.

Berawal dari masalah tersebut, garis cerita game Resident Evil terus dikembangkan dari seri ke seri. Setiap seri mungkin memiliki cerita dan karakter yang berbeda, tetapi inti masalahnya pasti masih berkaitan dengan virus. Sejauh ini, Capcom diketahui merilis 26 seri game Resident Evil, satu di antaranya akan rilis pada tahun 2021 mendatang.

Namun tidak semua serinya memiliki cerita yang berkelanjutan, beberapa di antaranya merupakan versi remake. Adapun game Resident Evil yang dikenal paling menyeramkan ada pada seri ke-7, Resident Evil 7: Biohazard. Resident Evil dapat dimainkan melalui PlayStation, Xbox, PC, dan Nintendo.

Silent Hill

Game horror legendaris lainnya adalah Silent Hill. Game keluaran Konami ini pertama kali dirilis pada tahun 1999 dan sudah memiliki 18 seri hingga tahun 2014. Sama seperti Resident Evil, Silent Hill juga hadir dalam versi film dan komik yang ceritanya diadaptasi dari seri game.

Dari segi cerita, Silent Hill berawal dari perjalanan seorang karakter bernama Harry Mason yang tersesat dan kehilangan anak angkatnya, Cheryl, di sebuah kota bernama Silent Hill yang dipenuhi aktivitas sekte. Akhir dari cerita game ini ditentukan oleh keputusan pemain pada setiap masalah yang harus dipecahkan.

Silent Hill telah memiliki delapan seri inti dengan cerita yang masih berkaitan,dan 10 seri lainnya dengan cerita yang telah dikembangkan. Silent Hill dikabarkan akan mendapatkan seri terbarunya pada tahun 2021 atau 2022 eksklusif untuk PS5.

Untuk versi terseram, banyak yang berpendapat dapat ditemukan pada Silent Hill pertama dan kedua karena ceritanya masih terasa sangat original. Silent Hill dapat dimainkan melalui PlayStation, Xbox, dan PC. Namun, mayoritas hanya untuk PlayStation saja.

Amnesia: The Dark Descent

Dirilis tahun 2010, Amnesia menjadi salah satu game horror dengan banyak respon positif dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Game ini menceritakan tentang tokoh protagonis bernama Daniel yang terbangun di sebuah kastil dengan kondisi hilang ingatan atau amnesia.

Namun dengan berbekal catatan yang pernah ditulisnya, Daniel akhirnya menjelajahi kastil tersebut dan bertemu dengan berbagai makhluk menyeramkan.

Lebih menyeramkan lagi, permainan ini menggunakan perspektif first person. Jadi pemain seakan langsung menghadapi makhluk menyeramkan ketika sedang berkeliling kastil. Setelah 10 tahun, Amnesia dikabarkan akan mendapatkan seri keduanya pada 20 Oktober 2020 dengan judul Amnesia: Rebirth. Amnesia dapat dimainkan melalui PS4, XBox One, PC, dan Nintendo Switch.

Outlast

Seperti Amnesia, Outlast juga merupakan game horror dengan perspektif first person. Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai tokoh protagonis Miles Upshur, seorang freelancer jurnalis yang memutuskan untuk menyelidiki rumah sakit jiwa Mount Massive Asylum yang berlokasi di daerah pegunungan terpencil, Lake County, Colorado.

Dan seperti yang diperkirakan, Miles justru bertemu dengan karakter-karakter horror yang mencegahnya untuk keluar dari rumah sakit tersebut.

Sama seperti seri pertamanya, seri kedua Outlast juga menceritakan tentang seorang jurnalis yang mengalami kecelakaan di Supai, Coconino County di Arizona, saat mengikuti pembunuhan misterius seorang wanita bernama Jane Doe yang saat itu sedang hamil muda. Berbeda dengan game horror lainnya yang dapat menyerang hantu atau makhluk, di game Outlast pemain hanya dapat bersembunyi. Kedua seri Outlast dapat dimainkan melalui PS4, XBox One, PC, dan Nintendo Switch

DreadOut

Game horror yang satu ini, datangnya dari Indonesia. Game ini bercerita tentang sekelompok anak SMA yang menjelajahi tempat-tempat yang diselimuti dengan keberadaan makhluk halus dan kegiatan paranormal lainnya.

Tokoh utamanya, Linda, mencoba untuk mengungkap rahasia yang tersembunyi dari lokasi berhantu tersebut. Game ini telah dirilis dalam dua seri, yang pertama di tahun 2014 lebih menceritakan petualangan Linda dan kawan-kawan di tempat terpencil, dan seri kedua di tahun 2020 dengan lokasi petualangan yang lebih luas, yaitu kota berhantu.

Sukses merilis gamenya, DreadOut mendapatkan sekuel filmnya di tahun 2019. Di antara game-game sebelumnya, DreadOut mungkin menjadi game yang paling menyeramkan karena lokasi dan hantunya yang disesuaikan dengan cerita horror Indonesia. Dread Out dapat dimainkan melalui PC.

Ikuti kami di