Mirip Instagram, LinkedIn Luncurkan Fitur Stories
Logo LinkedIn/Sumber gambar: Business Insider

News

Mirip Instagram, LinkedIn Luncurkan Fitur Stories

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Melihat fitur Stories di berbagai platform media sosial yang sifatnya lebih kasual seperti Instagram atau Snapchat mungkin sudah biasa. Namun apa jadinya jika platform seperti LinkedIn menghadirkan fitur Story?

Seperti diketahui, meski sama-sama merupakan media sosial, LinkedIn menargetkan segmen yang agak berbeda karena ditujukan untuk kebutuhan profesional seperti pekerjaan atau bisnis.

Dan belum lama ini, LinkedIn telah meluncurkan fitur Stories di beberapa negara terpilih seperti Amerika Serikat dan Kanada sebelum menghadirkannya ke semua pengguna.

Seperti Pinterest yang juga baru meluncurkan Story Pin dengan tujuan untuk mempermudah kreator berbagi ide dan inspirasi, LinkedIn juga pasti memiliki caranya sendiri untuk memanfaatkan fitur Stories agar sesuai dengan konsepnya yang cenderung digunakan untuk keperluan profesional.

Liz Li selaku Senior Director of Product LinkedIn mencatat bahwa Stories dapat membantu rekan kerja merasa lebih terhubung saat sistem bekerja working from home diterapkan seperti saat ini. Li menambahkan bahwa mereka berniat untuk menjaganya fitur ini agar tetap digunakan secara profesional.

"Bukan berarti Anda tidak dapat membagikan foto anjing Anda. Tetapi tujuannya adalah membuatnya tetap dalam percakapan yang sama seperti yang Anda lakukan di tempat kerja," papar Li.

Dari segi fitur, LinkedIn Stories memberikan kebebasan pengguna untuk mengunggah video atau foto, dan menghiasnya dengan tulisan atau stiker. Stories yang diunggah juga akan menghilang setelah 24 jam. Pengguna juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat Stories mereka di bagian privacy settings.

Baca juga: Google Rilis Sistem Operasi Android 11, Apa Saja Fitur Barunya?

Fitur ini juga menyediakan question of the day yang menyediakan pertanyaan harian untuk anggota dan dapat dijawab melalui unggahan Stories. Melalui daftar FAQ, LinkedIn menyatakan bahwa question of the day dapat diakses dari menu stiker Stories.

Meskipun belum ada gambaran simulasinya, question of the day mungkin bekerja seperti kotak question yang ada di menu stiker Instagram, yang mana sesama pengguna dapat melakukan tanya jawab melalui kotak pertanyaan yang telah disediakan di Stories pengguna.

Selain Stories, terdapat pula pembaruan lain yang dapat ditemukan seperti opsi filter baru pada fitur pencarian dan kemampuan untuk memulai panggilan video melalui fitur pesan. Adapun fitur panggilan video tersebut akan diluncurkan pada bulan Oktober dan mendukung aplikasi Zoom, Microsoft Teams, Slacks, maupun BlueJeans.

Ikuti kami di