Pengguna Bisa Berikan Review Usai Bertransaksi di Merchant Mitra DANA
Fitur User Rating Review di aplikasi DANA/IST

Startup

Pengguna Bisa Berikan Review Usai Bertransaksi di Merchant Mitra DANA

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Platform dompet digital, DANA, mengumumkan kehadiran fitur User Rating Review yang memungkinkan pengguna memberikan penilaian, ulasan, hingga mengunggah foto-foto dari pengalamannya bertransaksi di merchant-merchant mitra DANA, khususnya merchant offline.

Fitur User Rating Review juga bertujuan untuk meningkatkan keterikatan (engagement) antara merchant dengan pengguna DANA sebagai pelanggannya. Fitur ini diharapkan dapat membuat pengguna DANA merasa lebih terlibat karena dapat memberikan penilaian, masukan dan ulasan maupun membagikan pengalaman dan dukungannya terhadap merchant.

Pengguna DANA dapat mengakses fitur User Rating Review usai melakukan transaksi di merchant offline. Selepas 15–20 menit menyelesaikan transaksi, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk mengisi formulir ulasan. Fitur ini juga dapat digunakan apabila pengguna kembali menggunakan aplikasi DANA. Caranya, pengguna cukup masuk ke dalam halaman utama, lalu menuju fitur Nearby, dan menyentuh Detail Page untuk mengisi ulasan.

Jika formulir ulasan dalam Homepage dihilangkan, pengguna tetap bisa mengakses fitur ini sewaktu-waktu lewat fitur Nearby dan Detail Page. Pengguna dapat memberikan peringkat dan ulasannya maksimal tujuh hari setelah transaksi. Lewat dari waktu tersebut, pengguna harus melakukan transaksi terlebih dulu untuk memanfaatkan fitur ini.

Menurut CEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara, User Rating Review merupakan fitur berbasis user generated content (UGC) yang artinya seluruh konten baik teks maupun gambar dibuat oleh pengguna.

"Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa adanya aplikasi maupun fitur berbasis UGC dapat meningkatkan penjualan serta menjadi sarana promosi yang hemat biaya dan efisien. Kami berharap, fitur User Rating Review efektif dalam membantu merchant-merchant DANA meningkatkan penjualan serta kepuasan pelanggannnya," kata Vince.

Baca juga: Perbandingan PS5 dan Xbox Series X dari Spesifikasi, Desain, dan Harga

Vince melanjutkan, faktor utama yang menyebabkan UGC merupakan alat promosi yang efisien adalah sifatnya yang autentik. Penilaian, ulasan, maupun testimoni dari pengguna dipercaya sebagai opini yang lebih jujur dibandingkan konten yang disuguhkan oleh perusahaan maupun pemilik brand.

"Konten UGC seperti ulasan maupun testimoni dari pengguna, baik itu positif maupun negatif, memiliki kekuatan yang lebih dalam memengaruhi keputusan orang untuk berbelanja ketimbang iklan maupun promosi yang dibuat oleh perusahaan. Bahkan, ulasan yang bersifat kritik pun dapat menjadi masukan yang berguna bagi pelaku usaha," jelasnya.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna dengan fitur ini yaitu memberi penilaian bintang 1–5, menambahkan tagar positif negatif, dan kategori lain yang tersedia, menulis ulasan, mengunggah foto, serta membagikan ulasan maupun pengalamannya di Feed.

Ikuti kami di