Bagaimana Rasanya Menjadi Streamer? Simulasikan dengan Game Ini
Streamer Life Simulator/IST

Games

Bagaimana Rasanya Menjadi Streamer? Simulasikan dengan Game Ini

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Sukses dengan game simulasi bisnis warnet Internet Cafe Simulator, pengembang game Cheesecake Dev kembali meluncurkan game simulasi lain berjudul Streamer Life Simulator.

Sesuai judulnya, kali ini Cheesecake Dev ingin memperkenalkan kepada pemain bagaimana rasanya hidup sebagai seorang streamer melalui game simulasi.

Jika pernah memainkan Internet Cafe Simulator, pemain pasti tidak asing dengan grafis yang digunakan untuk game Streamer Life Simulator karena keduanya hampir sama. Perspektif gamenya juga sama, menggunakan first person. Namun, jika dibandingkan dengan Internet Cafe Simulator, Streamer Life Simulator memiliki konten yang lebih kompleks dan detail.

Dimulai dari awal permainan, pemain dapat mengkustomisasi karakter streamer mereka, mulai dari wajah hingga pakaian. Jika malas untuk mengkustomnya satu persatu, pemain dapat memilih opsi randomize untuk memperoleh karakter yang sudah didesain dari permainan, tapi bisa saja tidak sesuai keinginan.

Setelah selesai dengan karakter, pemain baru dapat memulai perjalanan karier menjadi seorang streamer. Tidak perlu bingung untuk memulai, pemain akan mendapat task atau quest yang dapat menuntun pemain untuk memahami game, misalnya membeli komputer, berbicara dengan non-player character (NPC), dan sebagainya. Untuk fasilitas, pemain sudah dibekali dengan sejumlah uang, rumah kosong, dan mobil sejak awal.

Selama menjadi streamer, pemain harus mengelola banyak hal, seperti software apa saja yang harus diunduh, platform streaming, hingga kecepatan internet yang diperlukan untuk melakukan streaming dengan resolusi tertentu.

Selain karena pola permainannya yang sangat komprehensif, game simulasi ini juga semakin terasa nyata karena aplikasi-aplikasi penunjang streaming yang tersedia di PC pemain dibuat semirip mungkin dengan aplikasi aslinya dengan memplesetkan nama dan logonya. Misalnya YouTube menjadi Zoutube, Amazon menjadi Zamazor. Atau jika ingin membeli game untuk keperluan streaming, pemain dapat mengunjungi Steem, atau yang aslinya dikenal dengan nama Steam.

Baca juga: Kemampuan Spesial Impostor di Game Among Us yang Perlu Diketahui

Selain itu, karakter juga bisa merasakan lapar, sehingga mau tidak mau pemain juga harus menyisakan uang untuk membeli makan. Uang tersebut dapat diperoleh dengan cara bekerja sebagai freelancer, part timer, atau membuka donasi ketika melakukan streaming, dan sebagainya.

Selain untuk makan, uang tersebut dapat dikelola untuk meningkatkan perlengkapan streaming pemain seperti internet, RAM, kamera, konsol, furniture, dan lainnya. Namun tidak semudah itu mengumpulkan uang. Selain upah kerja yang kecil, PC pemain bisa saja diretas oleh peretas hingga kehilangan semua uang.

Jika tertarik untuk menjadi streamer dengan melakukan simulasinya melalui game ini, pemain dapat mengunduh Streamer Life Simulator untuk PC melalui Steam.

Ikuti kami di