Cara Mengatur Widget dan Mengubah Ikon di iOS 14
Pengguna bisa mengatur widget di iOS 14/IST

Teknologi

Cara Mengatur Widget dan Mengubah Ikon di iOS 14

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Kehadiran iOS 14 yang belum lama ini meluncur membawa berbagai macam fitur baru yang menarik, salah satunya Widget. Dengan adanya Widget, halaman menu iPhone kini lebih fleksibel untuk dikustomisasi.

Salah satu aplikasi yang kini tengah populer untuk menambahkan widget adalah Widgetsmith yang dapat diunduh di App Store. Widgetsmith memungkinkan pengguna untuk menambahkan cuaca, jam, atau foto dalam bentuk stack di tampilan layar pengguna. 

Untuk menampilkan foto dalam bentuk stack, bisa memulainya dengan pilih add small widget atau add large widget, lalu pilih photo in album. Jika sudah memilih foto yang diinginkan, kembali ke layar menu, lalu tekan layar beberapa detik hingga muncul tanda (+) di sebelah kiri atas layar.

Kemudian, klik (+) dan cari Widgetsmith. Lanjutkan dengan klik small widget atau large widget, dan foto berhasil ditambahkan ke layar menu pengguna.

Selain Widgetsmith, pengguna dapat menghias tampilan layar dengan mengunduh aplikasi Shortcut. Dengan Shortcut, pengguna dapat mengubah ikon aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, dan sebagainya dengan gambar yang diinginkan.

Sebenarnya, aplikasi ini sudah diperkenalkan pada tahun 2018, namun bertepatan dengan diluncurkannya widget untuk iOS 14, aplikasi Shortcut kini menjadi sorotan dan dianggap cocok digunakan bersama Widget untuk mengkustomisasi tampilan layar.

Dengan perpaduan antara Shortcut dan Widget, pengguna kini dapat mengubah tampilan layar seakan-akan seperti tema di ponsel Android. Misalnya, tema hitam putih, warna-warna pastel, hingga film atau artis kesukaan. Jika sudah memiliki aplikasi Shortcut, pengguna dapat memulai kustomisasi ikon dengan klik Add Action > Scripting > Open App > Choose, lalu pilih aplikasi yang ingin diganti ikonnya.

Baca juga: Cara Menjadikan GoPro Hero 8 Black Sebagai Webcam

Kemudian klik tiga titik horizontal di bagian atas kanan layar dan klik add to home screen. Pada kolom home screen and icon, pengguna bisa klik kotak ikon dan pilih foto yang ingin digunakan sebagai ikon baru.

Untuk mengubah tampilan layar menu hingga benar-benar rapi sesuai dengan keinginan pengguna tentu menyita waktu yang cukup lama, terutama ketika menyiapkan foto-foto yang digunakan untuk custom ikon. Jika ingin lebih cepat, pengguna dapat mencari-cari ikon set gratis atau berbayar di Iconscout atau dengan mengetik hashtag #iOS14 di Twitter.

Ikuti kami di