Perbandingan PS5 dan Xbox Series X dari Spesifikasi, Desain, dan Harga
Perbandingan PS5 dan Xbox Series X

Games

Perbandingan PS5 dan Xbox Series X dari Spesifikasi, Desain, dan Harga

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Microsoft dan Sony sudah sama-sama mengumumkan kapan tanggal peluncuran konsol terbaru mereka yakni Xbox Series X dan PlayStation 5. Pertanyaannya, mana yang lebih baik dibeli antara dua konsol tersebut?

Well, itu semua tergantung selera dan kebutuhan pengguna. Kedua konsol generasi terbaru tersebut sama-sama menjanjikan peningkatan grafis yang lebih tajam dibanding generasi sebelumnya.

Jika kamu masih bingung mau beli yang mana, atau mungkin ingin membeli keduanya, berikut kami tampilkan perbandingan antara PS5 dan Xbox Series X baik dari sisi spesifikasi, desain, hingga harga.

Desain

Dari sisi desain, baik PS5 dan XBox Series X sama-sama diperkenalkan dengan posisi konsol yang kini orientasinya vertikal. Dibandingkan dari ukurannya, PS5 terlihat lebih tinggi dan ramping dibandingkan XBox Series X. Pasalnya, PS5 memiliki tinggi 390mm x kedalaman 260mm x lebar 104mm. Sementara Xbox Series X memiliki tinggi 301mm x kedalaman 151mm x lebar 151mm.

Baca juga: Tak Hanya Bing Translator, Ini Layanan Penerjemah Lain dari Microsoft

Dari sisi warna dan bentuknya, kedua konsol anyar ini jelas sangat berbeda. PlayStation kini memilih warna yang lebih futuristik dengan nuansa putih baik untuk konsol dan aksesorinya. Sangat berbeda dari generasi sebelumnya, desainnya pun juga dibuat lebih stylish, terutama pada bagian lempengan putih yang menempel di konsolnya. Sementara XBox Series X justru memiliki desain yang lebih sederhana dengan bentuk kotak berwarna hitam solid tanpa sentuhan apapun.

Spesifikasi dan harga

PS5 ditawarkan dalam edisi reguler dan digital edition. Keduanya memiliki spesifikasi yang sama. Perbedaanya, edisi reguler memiliki drive cakram, sedangkan edisi digital minus drive cakram. Perbedaan komposisi hardware tersebut sekaligus membedakan harga PS5 edisi digital yang dibanderol lebih murah, yaitu US$399,99 (sekitar Rp5,9 juta).

Baik PS5 maupun XBox Series X akan dirilis pada bulan November 2020, tepatnya tanggal 10 November untuk XBox Series X dan tanggal 12 November untuk PS5 di beberapa negara terpilih.

Ikuti kami di