Perbandingan Lima Aplikasi Streaming Musik Populer
Tampilan aplikasi Spotify/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Perbandingan Lima Aplikasi Streaming Musik Populer

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Bagi yang ingin menikmati hiburan musik, berlangganan lagu melalui aplikasi streaming kini telah menjadi pilihan. Namun banyaknya pilihan aplikasi streaming lagu kerap membuat bimbang pengguna, mengingat setiap aplikasi menawarkan fitur dan harga yang bervariasi.

Jika berbicara soal aplikasi streaming lagu dengan jumlah unduhan terbanyak, lima aplikasi streaming di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihan.

Sekilas, kelima aplikasi berikut ini memiliki layanan dan fitur yang sama, seperti mengunduh lagu, personalisasi playlist, lirik, dan sebagainya. Namun ternyata, kelima aplikasi ini tetap memiliki keunggulan berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pengguna.

Spotify

Sebagai salah satu layanan streaming paling populer, Spotify sering disebut memiliki user interface (UI) atau tampilan yang paling mudah dan nyaman digunakan. Selain itu, Spotify merupakan layanan streaming multi platform terbesar. Pengguna dapat mengunduhnya di smartphone (Android dan iOS), PC, Mac, konsol game, Smart TV, dan Smart Watch.

Sistem remote dan pengalihan (switch) juga sangat mudah, cukup melalui ponsel dan hubungkan ke perangkat lain yang ingin digunakan. Jika memiliki teman sesama pengguna Spotify, pengguna dapat mengikuti akunnya dan melihat secara real-time lagu apa yang sedang didengarnya. Tetapi fitur tersebut hanya tersedia untuk Spotify versi PC.

Spotify menyediakan empat pilihan berlanganan yakni Individual, Student, Duo, dan Family. Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp24.990 per bulan (Premium Student) hingga Rp79 ribu per bulan (Premium Family).

Khusus untuk berlangganan individu, pengguna dapat memilih paket harian, mingguan, per tiga bulan, per enam bulan, atau tahunan. Metode pembayarannya bervariasi, bisa dengan kartu kredit, kartu debit, pulsa, GoPay, OVO, DANA, atau berupa voucer di Alfamidi dan Tokopedia.

YouTube Music

Koneksinya yang erat dengan platform video-sharing YouTube sekaligus menjadi keunggulan dari aplikasi streaming lagu ini. Karena tidak hanya berupa audio, YouTube Music juga menyediakan official music video di aplikasinya, jika lagu tersebut memang memiliki official music video.

Jadi, pengguna tidak perlu berpindah aplikasi jika ingin melihat versi videonya. Selain itu, YouTube Music juga menyediakan video cover lagu dan penampilan langsung, apapun selama konteksnya masih berkaitan dengan musik.

YouTube Music memiliki opsi berlangganan seperti Spotify yakni Individual, Student, dan Family dengan harga mulai dari Rp25 ribu per bulan hingga Rp75 ribu per bulan. Namun harga tersebut belum termasuk pajak. Untuk metode pembayarannya, pengguna dapat menggunakan kartu kredit, kartu debit, pulsa, atau Go-Pay.

JOOX

Dibandingkan dengan aplikasi streaming lagu lainnya, JOOX memiliki fitur yang paling beragam. Dimulai dari pemutar lagunya yang dilengkapi dengan opsi kualitas dan efek suara yang bisa diatur, fitur komentar, fitur lyric card, dan fitur quick sing.

Dengan fitur lyric card, pengguna dapat memilih bait lirik terfavorit dan mengubahnya sebagai kartu yang dapat dikustomisasi dengan foto. Kemudian untuk fitur quick sing, pengguna dapat melakukan cover lagu atau berduet dengan lagu yang sedang didengar, dan membagikannya ke halaman sing. Sama seperti YouTube, JOOX juga menyediakan konten-konten video yang berkaitan dengan musik.

Untuk biaya berlangganan, pengguna dapat memilih untuk berlangganan individu seharga Rp49 ribu per bulan atau family untuk tiga akun seharga Rp147 ribu per bulan. Namun, pengguna paket individu juga dapat memilih opsi berlangganan harian, kuartal, atau tahunan.

Metode pembayarannya dapat menggunakan pulsa, kartu kredit, kartu debit, GoPay atau dalam bentuk voucer di Tokopedia. Menariknya, JOOX menyediakan halaman `Tugas dan Hadiah` yang memungkinkan pengguna menikmati akun Joox VIP secara gratis selama waktu yang ditentukan dengan melakukan tugas harian, seperti membagikan lagu.

Baca juga: Lima Besar Ransomware di Indonesia dan Tips Cara Mencegahnya

Apple Music

Seperti Spotify, Apple Music juga merupakan aplikasi streaming lagu yang multi-platform. Sayangnya, mayoritas terbatas untuk pengguna AppleOS saja dan hanya perangkat Android yang dapat mengunduh Apple Music melalui Play Store.

Dari segi keunggulannya, Apple Music memiliki kualitas suara yang sangat baik dan pembaruan musik yang lumayan cepat. Pada beberapa kasus, Apple Music lebih cepat menerima daftar lagu keluaran terbaru dibanding aplikasi streaming lainnya. Namun, produk Apple tetap dapat lebih bekerja dengan baik jika digunakan bersamaan dengan perangkat Apple.

Apple menyediakan tiga paket berlangganan yakni perorangan, pelajar, dan keluarga mulai dari Rp29 ribu per bulan hingga Rp75 ribu per bulan. Paket berlangganan tersebut dapat dibayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan DANA.

Deezer

Satu keunggulan yang paling mencolok dari aplikasi yang satu ini adalah kemampuannya untuk menemukan lagu dengan fitur Song Catcher. Jika pernah menggunakan aplikasi pencari lagu Shazam, fitur Deezer ini memiliki cara kerja serupa.

Keuntungannya, pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pencari lagu secara terpisah. Cara kerjanya, aplikasi akan mendengar lagu yang ingin pengguna ketahui di suatu tempat, kemudian menampilkan judul dan penyanyinya.

Untuk berlangganan, pengguna dapat memilih paket berlangganan individu, family, dan student dengan harga mulai dari Rp25 ribu per bulan hingga Rp79 ribu per bulan. Deezer juga menyediakan opsi berlangganan khusus audio high fidelity sebesar Rp79 ribu perbulan. Opsi berlangganan 3,6, dan 12 bulan juga tersedia. Sementara untuk metode pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau pulsa.

Ikuti kami di