Cara Mudah Melakukan Reset Factory pada Smartphone Android
Ilustrasi smartphone/IST

Gadget

Cara Mudah Melakukan Reset Factory pada Smartphone Android

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Smartphone merupakan salah satu barang pribadi yang memuat berbagai informasi personal pengguna dan tentunya berbahaya jika disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Karena memuat berbagai informasi pribadi, pengguna perlu teliti sebelum menjual smartphone lama ke orang lain. Ada baiknya jika pengguna mengamankan dulu data-data yang ada dengan cara reset.

Setiap brand smartphone Android sebenarnya memiliki menu yang berbeda-beda untuk melakukan reset data. Namun mayoritas smartphone Android yang digunakan di Indonesia umumnya memiliki menu reset yang seragam.

Sebelum itu, pastikan pengguna telah menyimpan atau back up data-data yang sekiranya penting dibuat salinannya. Kemudian, pastikan baterai ponsel tidak bocor dan diatas 50 persen agar tidak terjadi kegagalan di tengah proses. Pasalnya, smartphone akan bekerja lebih keras ketika melakukan reset data dan menyebabkan suhu ponsel lebih panas dari biasanya.

Baca juga: Begini Cara Menampilkan Kode QR Akun Instagram

Adapun cara melakukan reset smartphone Android bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

1. Buka menu setting atau pengaturan
2. Pilih additional setting atau pengaturan tambahan. Istilah lain yang biasa digunakan seperti more setting dan general management khusus smartphone Samsung
3. Pilih back up and reset
4. Kemudian pilih factory reset. Jika memilih ini, artinya ponsel akan di-reset sesuai dengan setelan semula dari pabrik yang kosong tanpa ada data atau aplikasi apapun. Khusus smartphone Samsung, pastikan pengguna telah memiliki akun Samsung sebagai syarat sebelum melakukan reset
5. Reboot atau restart smartphone

Pengaturan reset pada smartphone biasanya juga memiliki menu reset lain selain factory reset. Seperti melakukan reset pengaturan saja atau hanya data network saja. Akan tetapi, jika ingin dijual atau diberikan kepada orang lain, ada baiknya untuk melakukan factory reset agar semua data benar-benar terhapus.

Meskipun sudah melakukan factory reset, tetap periksa kembali seluruh folder file, galeri, pengaturan sidik jari atau wajah, serta akun-akun yang pernah didaftarkan setelah melakukan reboot/restart pada smartphone. Pastikan tidak ada data-data pribadi yang masih tertinggal.

Ikuti kami di