Cara Kerja Under Display Camera, Inovasi Kamera Depan Smartphone
Ilustrasi cara kerja under display camera/IST

Gadget

Cara Kerja Under Display Camera, Inovasi Kamera Depan Smartphone

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Setelah populer dengan layar punch hole dan water drop, pabrikan smartphone kini tengah mengembangkan layar yang menggunakan under display camera. Sesuai namanya, model layar tersebut akan tetap dilengkapi dengan kamera depan, namun posisinya tersembunyi di dalam layar ponsel. Artinya, layar ponsel tak lagi dilengkapi bezel apapun.

Sejauh ini, sudah ada dua brand yang tengah mengembangkan layar ponsel dengan teknologi tersebut yakni Oppo dan Xiaomi. Layar dengan under display camera pertama kali diperkenalkan oleh Oppo pada acara Mobile World Congress 2019 di Shanghai.

Pihak Oppo memaparkan layar yang mendukung teknologi ini terbuat dari bahan transparan khusus yang bekerja dengan struktur pixel yang memungkinkan cahaya bisa masuk ke kamera. Sensornya sendiri disebut lebih besar dari kamera selfie lain, dengan aperture lensa lebih lebar di bagian depan. Meski tersembunyi di bawah layar, kamera tersebut dapat terlihat oleh mata pada kondisi-kondisi tertentu.

Namun pada saat itu, Oppo mengaku bahwa under display camera mereka masih memiliki kekurangan, terutama pada kualitas fotonya yang tidak terlalu baik karena adanya faktor-faktor seperti kabut atau cahaya yang terlalu silau. Sehingga, Oppo menyatakan bahwa mereka masih dalam tahap mengembangkan algoritme yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, Oppo telah merencanakan untuk memasarkan smartphone dengan under display camera dalam waktu dekat.

Baca juga: Martha Is Dead, Game Horror Psikologi yang Bakal Hadir di PC dan Xbox Series X

Sementara Xiaomi sudah lebih yakin untuk merilis smartphone dengan under display camera pada tahun 2021 mendatang. Dalam blog resminya, Xiaomi menyebutnya dengan 3rd Generation Under Display Camera Technology. Xiaomi menjelaskan bahwa pengaturan piksel yang digunakan dalam teknologi under display camera generasi ketiga ini memungkinkan layar melewati cahaya melalui area celah sub-pixel dan memungkinkan setiap pixel untuk mempertahankan tata letak sub-pixel RGB (Red/Green/Blue) lengkap tanpa mengorbankan kerapatan piksel.

Berdasarkan solusi pengaturan pixel baru tersebut, under display camera Xiaomi juga mengadopsi desain sirkuit khusus untuk menyembunyikan lebih banyak komponen di bawah sub-pixel RGB demi meningkatkan transmisi cahaya dari area kamera di bawah layar. Dengan algoritme yang dikembangkannya, kamera di bawah layar Xiaomi menawarkan pengalaman fotografi yang sepenuhnya diperbarui, sesuai dengan kinerja kamera depan konvensional.

Dengan teknologinya Xiaomi juga memastikan area di atas kameranya yang terintegrasi menunjukkan kecerahan, gamut warna, dan akurasi warna yang sama seperti tampilan layar pada umumnya. Itu sebabnya, kamera benar-benar tidak dapat terlihat oleh mata. Begitu pula layar di atasnya juga menyatu dengan baik bersama bagian layar lainnya.

Ikuti kami di