Perbedaan Layar Punch Hole, Water Drop, dan Notch Pada Smartphone
Smartphone dengan kamera punch hole/IST

Gadget

Perbedaan Layar Punch Hole, Water Drop, dan Notch Pada Smartphone

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Beberapa tahun belakangan ini pabrikan smartphone kerap menghadirkan inovasi desain layar pada produk mereka. Misalnya, dengan menghadirkan desain layar notch, punch hole, maupun water drop.

Meski saat ini sudah ada pabrikan telah mengimplementasikan layar full view display, masih ada beberapa model smartphone yang menggunakan layar notch, punch hole, maupun water drop. Penggunaan layar model tersebut sebenarnya bertujuan untuk mengurangi ruang terbuang pada bezel yang biasanya dibutuhkan untuk menyematkan kamera depan.

Dengan semakin sedikitnya ruang untuk kamera depan, artinya tampilan layar bisa lebih lega dibanding smartphone generasi sebelumnya. Bagi yang tak terlalu mengikuti perkembangan smartphone, mungkin tak begitu memperhatikan perbedaan smartphone yang menggunakan layar notch, punch hole, atau water drop. Berikut perbedaan dari tiap layar tersebut.

Baca juga: Telegram Luncurkan Fitur Video Call untuk Android dan iOS

Punch Hole

Jenis layar ini memiliki kamera depan yang menyerupai lubang (punch hole) dan tidak disertai bezel sedikit pun. Letaknya sama seperti kamera depan pada umumnya, di bagian atas layar pojok atau tengah. Tipe layar dengan kamera depan punch hole seperti ini pertama kali diperkenalkan oleh Samsung pada seri Galaxy S10. Namun kini, pengguna sudah dapat menemukannya pada smartphone dari brand lain seperti Vivo seri V, seri Y, dan seri X, realme 6, Redmi Note 9, dan Redmi Note 9 Pro.

Water Drop

Seperti namanya, layar ponsel tipe ini berbentuk seperti air yang akan menetes. Sebutan lainnya yang sering didengar seperti tear drop atau dew drop. Dilihat dari modelnya, pengguna mungkin tidak lagi asing dengan tipe layar ini. Dibanding tipe layar lainnya, water drop memang paling banyak digunakan. Jika tertarik memiliki smartphone dengan layar water drop, pengguna dapat mempertimbangkan koleksi Samsung seri A, realme 2 Pro, Vivo V11, Oppo F9, Redmi Note 7 Pro, Xiaomi Mi 9, dan sebagainya.

Notch

 

Tipe layar dengan poni notch ini umumnya ditemukan pada layar iPhone X hingga yang paling terbaru. Berbeda dengan dua tipe layar sebelumnya, notch dipilih Apple tidak hanya untuk menempatkan kamera depan, tetapi juga sensor untuk keperluan Face ID. Itu sebabnya, ruang bezelnya masih terlihat sedikit lebih besar, namun tidak sebesar iPhone generasi sebelumnya. Selain Apple, beberapa smartphone dengan sistem operasi Android juga menggunakan layar dengan model notch seperti Oppo A3s, Huawei Mate 20 Pro, atau Xiaomi Mi 8.

Ikuti kami di