Microsoft Word Online Kini Berbekal Fitur Transkripsi
Microsoft Word/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Microsoft Word Online Kini Berbekal Fitur Transkripsi

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Microsoft menambahkan fitur transkripsi audio pada layanan Word online. Fitur ini hanya tersedia bagi pengguna Word versi online yang berlangganan Microsoft 365. Lewat fitur ini, pengguna bisa lebih mudah melakukan transkripsi audio menjadi tulisan.

Untuk melakukan transkrip, pengguna bisa memasukkan file audio yang akan ditranskrip, atau langsung berbicara dan Word akan otomatis menuliskannya di layar. Pada rekaman audio, batas rekaman yang bisa ditranskrip maksimal berdurasi lima jam. Sedangkan untuk perekaman secara langsung di Word, tidak dibatasi durasinya.

Setelah percakapan ditranskripsikan, AI Microsoft akan memisahkan setiap pembicara dan memecah percakapan menjadi beberapa bagian yang bisa diputar, diedit, dan dimasukkan dalam dokumen Word.

Untuk audio atau video yang direkam, maksimal file yang bisa dimasukkan sebesar 200 MB. Sedangkan jenis file yang bisa diterima adalah MP3, WAV, M4A, atau MP4. Lama waktu transkripsi ini tentu bervariasi, tergantung berapa lama durasi rekaman tersebut. Hal menarik lainnya dari fitur ini adalah kemampuannya untuk menangkap audio apa pun dari PC. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menuliskan berbagai pembicaraan dalam rapat, panggilan, atau bahkan video YouTube. Word juga bisa merekam audio dari mikrofon PC.

Baca juga: Martha Is Dead, Game Horror Psikologi yang Bakal Hadir di PC dan Xbox Series X

Ada beberapa pekerjaan yang mendapat benefit dari kehadiran fitur ini. Misalnya jurnalis yang sedang melakukan transkrip hasil wawancara, atau pelajar yang ingin menuliskan penjelasan gurunya. Bisa juga dipakai untuk mentranskripsikan pembicaraan dalam sebuah rapat.

Meski saat ini fitur tersebut baru hadir untuk Word versi online, ada rencana untuk menghadirkan fitur ini pada Word untuk Android dan iOS pada akhir tahun nanti. Saat ini, fitur tersebut juga hanya mendukung bahasa Inggris. Namun tak menutup kemungkinan akan mendukung bahasa lain di masa mendatang.

Ikuti kami di