Cara Menggunakan Fitur WaterLock di Apple Watch untuk Mengeluarkan Air
Apple Watch/sumber gambar: Engadget

Teknologi

Cara Menggunakan Fitur WaterLock di Apple Watch untuk Mengeluarkan Air

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Bagi pengguna iOS, ada fitur Shortcut Water Ejection yang bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan air dari dalam perangkat. Fitur serupa ternyata juga disematkan di WatchOS, tepatnya Apple Watch Series 2 hingga yang terbaru.

Fitur bernama Water Lock di WatchOS sebenarnya memiliki kegunaan utama untuk mengunci Apple Watch ketika digunakan di dalam air, mencuci tangan, atau mandi. Hal ini guna meminimalisir beroperasinya sistem-sistem lain di WatchOS secara tidak sengaja. Jadi, begitu diaktifkan, pengguna tidak dapat mengoperasikan apapun, sekalipun secara sengaja.

Baca juga: Udara Segar atau Polusi? Tentukan Pilihanmu di The Sims 4 Eco Lifestyle

Namun ternyata, fitur Water Lock ini juga berfungsi sebagai water ejector untuk Apple Watch. Bagi yang ingin mengeluarkan air dari Apple Watch menggunakan fitur ini, berikut langkah-langkahnya.

1. Usap layar Apple Watch ke atas untuk membuka control center
2. Swipe ke atas pada menu control center hingga menemukan ikon Water Lock dengan simbol tetes air
3. Klik ikon sampai warnanya berubah menjadi biru
4. Fitur Water Lock berhasil diaktifkan
5. Setelah mengaktifkan, lanjutkan dengan menonaktifkannya. Caranya, putar tombol digital crown yang ada di sisi sebelah kanan jam hingga muncul tulisan unlocked.
6. Sebagai penanda fitur ini sudah tidak aktif, Apple Watch pengguna akan mengeluarkan suara dan getaran. Pada fase ini, water ejection akan berlangsung. Air yang terjebak di dalam speaker Apple Watch akan keluar perlahan-lahan, walaupun jumlahnya memang tidak banyak.

Ikuti kami di