Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Platform Blogger
Sumber gambar: neilpatel.com

Teknologi

Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Platform Blogger

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Sebelum diramaikan oleh media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, dunia maya sudah lebih dulu diramaikan oleh platform Blog di tahun 2000an awal. Salah satu platform yang sejak dulu populer digunakan ialah Blogger yang dikembangkan oleh Google.

Jika belum familiar dengan Blog, layanan ini menyediakan alamat domain pribadi untuk pengguna yang dapat diisi dengan tulisan, foto, video, dan sebagainya. Namun pada umumnya, blog identik dengan koleksi tulisan.

Saat ini banyak blog yang sudah dimonetisasi oleh penggunanya sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Hanya saja, banyak yang harus dipelajari oleh pengguna mengingat sumber penghasilan yang dihasilkan melalui aktivitas blogging cukup variatif.

Jika tertarik untuk mulai menuangkan hobi atau pikiran dengan cara blogging, pengguna dapat mengikuti cara membuat blog di Blogger sebagai berikut.

• Kunjungi blogger.com
• Pilih buat akun
Log in dengan akun Google (Gmail) pengguna
• Isi judul blog. Sebagai referensi, pemilihan judul blog mungkin dapat disesuaikan dengan isi keseluruhan dari blog pengguna nantinya.
• Isi alamat blog. Sebaiknya menggunakan nama yang simpel agar mudah ditemukan oleh banyak orang.
• Isi display name
• Akun blog sudah siap digunakan

Begitu akun blog berhasil dibuat, pengguna akan langsung diarahkan pada halaman dashboard. Pengguna dapat membuat, mengedit, dan mengunggah postingan. Untuk memulai, pengguna dapat klik new post dan mencoba untuk menulis sesuatu.

Baca juga: Bermain Sebagai Nemesis di Resident Evil: Resistance

Jika memiliki beberapa tulisan yang dengan topik yang sama, pengguna dapat mengategorikannya dengan label yang dapat dibuat melalui post setting pada sisi kanan halaman, lalu pilih label. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan preview sebelum tulisan benar-benar diunggah, mengatur jadwal publish, modifikasi tautan untuk setiap post yang dibuat, dan sebagainya.

Selain isi konten, pengguna juga ada baiknya memerhatikan tampilan halaman blog agar terlihat menarik jika diakses oleh pembaca. Untuk memodifikasi halaman tersebut, pilih layout atau tema pada kolom di sisi kiri halaman untuk mulai memodifikasi. Pengguna juga dapat menggunakan fitur-fitur lainnya yang ada pada kolom tersebut.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-