Mirip AirDrop Apple, Google Luncurkan Fitur Nearby Share untuk Android
Google luncurkan fitur Nearby Share untuk pengguna Android/sumber gambar: 9to5Google

Teknologi

Mirip AirDrop Apple, Google Luncurkan Fitur Nearby Share untuk Android

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Bagi pengguna produk Apple, mungkin sudah tidak asing dengan fitur AirDrop. Fitur ini memungkinkan sesama pengguna perangkat Apple yang jaraknya cukup dekat (maksimum sekitar sembilan meter), bisa berbagi file seperti foto, video, kontak, dan sebagainya yang memanfaatkan kombinasi teknologi bluetooth dan Wi-Fi.

Kini, Google meluncurkan fitur serupa khusus untuk pengguna Android yang disebut dengan Nearby Share. Dengan fitur ini, pengguna Android bisa berbagi foto, audio, tautan, dan sebagainya ke sesama pengguna Android yang berjarak dekat. Cara kerjanya seperti pengiriman file melalui bluetooth, hanya saja prosesnya lebih cepat.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengetuk ikon share, kemudian pilih tombol Nearby Share. Dalam waktu beberapa saat, fitur tersebut akan menemukan perangkat-perangkat terdekat dan file akan terkirim setelah dikonfirmasi oleh penerima.

Fitur Nearby Share juga dapat diatur visibilitasnya seperti Air Drop gunamenghindari risiko terdeteksi di perangkat pengguna lain jika sedang berada di tempat ramai. Pilihan visibilitas yang ada seperti hidden, all contacts, atau some contacts. Google bahkan menyatakan bahwa pengguna dapat mengirim dan menerima file secara anonim ke perangkat lain.

Baca juga: Bantu Pengguna Memilih Hotel, Pegipegi Luncurkan Fitur Clean & Safe Stay

Hingga saat ini fitur Nearby Share sudah mulai ditanamkan untuk beberapa ponsel Pixels dan Samsung, terutama untuk perangkat Android 6 atau yang terbaru. Proses penanaman fitur tersebut akan berlangsung selama beberapa pekan ke depan hingga dapat digunakan oleh seluruh pengguna Android dengan kondisi yang telah disebutkan.

Google juga dikabarkan berencana menambahkan fitur ini untuk Chromebooks dalam beberapa bulan ke depan dan mempertimbangkannya untuk beberapa platform lain.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-