Aplikasi Ini Bisa Ubah Smartphone Android menjadi Webcam, Begini Caranya
Cara mengubah kamera smartphone Android menjadi webcam/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Aplikasi Ini Bisa Ubah Smartphone Android menjadi Webcam, Begini Caranya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Meskipun mayoritas laptop kini telah dilengkapi kamera webcam, tetapi seringkali resolusi gambarnya kurang memuaskan. Di tengah pandemi COVID-19, berbagai aktivitas sehari-hari kini dilakukan secara daring. Sehingga, pengguna laptop atau PC setidaknya harus memiliki webcam yang memadai.

Tanpa harus mengeluarkan kocek lebih, pengguna sebenarnya bisa menggunakan gadget yang ada seperti smartphone Android atau tablet untuk diubah menjadi webcam yang terhubung secara langsung dengan laptop atau PC pengguna. Solusi semacam ini ditawarkan oleh pengembang Dev47Apps melalui aplikasi Droidcam. Cara menjadikan smartphone Android menjadi webcam pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya.

• Unduh aplikasi Droidcam untuk Android di Play Store, dan unduh juga Droidcam client untuk Windows atau Linux dengan mengunjungi tautan ini. Pastikan Android pengguna sudah memasuki versi 5.0 Lollipop atau yang terbaru, serta setidaknya versi 6.2 untuk Droidcam Windows dan Linux.

• Setelah diunduh, install Droidcam untuk Windows dan ikuti instruksinya hingga selesai. Prosesnya sangat cepat dan tidak memerlukan pengaturan lain, cukup setujui dan install.

• Buka aplikasi Droidcam yang telah terpasang, baik di PC dan smartphone pengguna.

• Untuk PC, pengguna akan diberikan tiga opsi untuk menjadikan kamera ponsel sebagai webcam, yakni melalui WiFi, USB, atau WiFi server. Jika memilih menggunakan WiFi, aplikasi akan meminta pengguna untuk mengisi nomor IP WiFi yang sudah tertulis di aplikasi Droidcam versi Android. Jadi, pengguna cukup menyalinnya saja. Untuk opsi USB, pengguna tinggal menghubungkan kabel USB ke laptop atau PC.

• Klik kolom centang video dan audio, kemudian start. Jika tidak terjadi kesalahan, kedua aplikasi Droidcam secara otomatis menampilkan preview tampilan webcam yang telah terkoneksi dengan smartphone pengguna.

Baca juga: NBA Manfaatkan Microsoft Teams untuk Hadirkan Penonton di Sisi Lapangan

Untuk mengatur penggunaan kamera depan atau belakang, pengguna dapat membuka menu settings yang tersedia di pojok kanan atas (tiga titik vertikal) pada aplikasi Android, lalu pilih camera. Jika sudah berhasil dengan langkah-langkah di atas, pengguna dapat langsung mencobanya dengan aplikasi panggilan video seperti Zoom, Skype, atau Teams. Namun, pengguna harus terlebih dahulu mengubah sumber kamera melalui pengaturan.

Ikuti kami di