Mengenal Apa Itu PayPal dan Gunanya untuk Transaksi Internasional
Logo PayPal/IST

Teknologi

Mengenal Apa Itu PayPal dan Gunanya untuk Transaksi Internasional

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Nama PayPal sebenarnya sudah terdengar cukup lama sebagai platform penyedia layanan pembayaran internasional karena telah beroperasi sejak 1998. Namun mungkin belum semua orang mengetahui apa itu PayPal dan apa kegunaannya untuk melakukan transaksi internasional.

Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Indonesia sudah semakin akrab dengan aplikasi pembayaran pihak ketiga jika ingin bertransaksi secara nontunai. Meski begitu, mayoritas platform tersebut baru melayani untuk transaksi dalam negeri.

Jika ingin melakukan transaksi internasional yang menawarkan pengalaman cukup seamless, pengguna mungkin bisa mulai berkenalan dengan PayPal. Cara kerja PayPal boleh dibilang hampir mirip dengan aplikasi-aplikasi layanan pembayaran yang ada di Indonesia saat ini.

PayPal bertindak sebagai pihak ketiga atau menjadi jembatan bagi pengirim dan penerima uang. Keunggulannya, PayPal telah bekerja sama dengan banyak bank di seluruh dunia, sehingga melakukan transaksi antar negara menjadi semakin mudah. Terutama jika pengguna tertarik untuk berbelanja melalui situs marketplace global seperti Amazon atau eBay.

Selain untuk berbelanja, pengguna juga dapat memanfaatkan PayPal untuk bisnis online, seperti menerima pembayaran atas produk atau jasa yang dijual secara global. Sebagai contoh, pengguna yang ahli di bidang desain bisa menjual karya-karyanya ke berbagai platform dan mencantumkan akun PayPal mereka sebagai salah satu opsi pembayaran bagi calon pembeli dari negara lain.

PayPal juga bisa dimanfaatkan untuk transfer atau menerima uang dari kerabat yang mungkin tinggal di luar negeri. Bagi yang ingin memiliki akun PayPal, pengguna harus memiliki e-mail dan kartu kredit untuk verifikasi akun.

Baca juga: Mengenal Teknologi Deepfake dan Contoh Implementasinya

Jika tidak memiliki kartu kredit, saat ini ada cara yang lebih mudah yakni dengan menggunakan kartu debit yang bisa digunakan untuk verifikasi PayPal. Salah satu bank di Indonesia yang menyediakan produk seperti ini adalah Jenius BTPN. Untuk melakukan verifikasi PayPal maupun menghubungkan rekening Jenius/BTPN dengan PayPal, pengguna bisa melihat tahapan selengkapnya di situs resmi Jenius.

Lalu, bagaimana cara membuka atau mendaftar akun PayPal? Caranya cukup mudah yakni:

1. Kunjungi www.paypal.com
2. Pilih Login > Daftar
3. Pilih jenis rekening, pribadi atau bisnis
4. Isi data di kolom formulir sampai dinyatakan berhasil

Setelah selesai mendaftar PayPal, pengguna dapat melakukan verifikasi akun menggunakan kartu kredit atau kartu debit seperti cara yang telah diterangkan di atas. Sebagai catatan, verifikasi ini harus dilakukan jika pengguna ingin menarik saldo di akun PayPal ke rekening bank. Jika tidak melakukan verifikasi, maka pengguna hanya bisa menerima pembayaran saja dari pengguna atau pihak lain dan tak bisa ditarik ke rekening bank.

Baca juga: Perpanjang STNK Kendaraan Kini Bisa Lewat Aplikasi Gojek

Sebagai informasi, menimbun saldo di akun Paypal tidak dikenakan biaya apapun setiap bulannya. Namun PayPal menerapkan biaya untuk beberapa jenis transaksi yang rinciannya bisa dilihat di sini.

Sedangkan biaya penarikan dana dari saldo PayPal ke bank lokal di Indonesia tak dikenakan biaya alias gratis jika nominal penarikan sebesar Rp1,5 juta atau lebih. Sedangkan untuk penarikan kurang dari Rp1,5 juta, akan dikenakan biaya sebesar Rp16 ribu. Informasi mengenai biaya penarikan dana dari akun PayPal ke rekening bank bisa dilihat di sini.

Ikuti kami di