Perbedaan Spesifikasi PS5 Reguler dan PS5 Digital Edition
Tampilan PlayStation 5/IST

Games

Perbedaan Spesifikasi PS5 Reguler dan PS5 Digital Edition

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pada bulan Juni 2020, Sony resmi memperlihatkan tampilan PlayStation 5 (PS5) yang hadir dalam dua varian yakni varian reguler dan Digital Edition. Kedua varian ini memiliki perbedaan spesifikasi, meski mungkin tidak terlalu signifikan.

Pihak Sony sebelumnya sudah menjelaskan bahwa tak ada perbedaan pengalaman gameplay antara PS5 reguler dan Digital Edition. Karena pada dasarnya, keduanya dibekali spesifikasi yang sama dan hanya berbeda pada penggunaan drive cakram. Agar lebih jelas, berikut penjelasan selengkapnya.

Spesifikasi

Untuk spesifikasinya, Sony sebenarnya sudah mengumumkan sejak Maret 2020. PS5, baik varian reguler maupun Digital Edition, menggunakan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) 3,5GHz dan RAM 16GB. Kemampuan grafis PS5 juga tentunya mendapat peningkatan dengan penggunaan prosesor berbasis RDNA 2 milik AMD yang memilik 36 Compute Units (CU) dan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops.

Bergeser ke bagian penyimpanan, PS5 sudah menggunakan solid state drive (SSD) yang kecepatannya tentu jauh lebih tinggi dibanding hard disk drive (HDD). Kapasitas SSD PS5 sebesar 825GB, dan masih bisa diperluas dengan SSD tambahan. Sony mengklaim penggunaan SSD ini akan membuat loading game menjadi lebih cepat. Selain itu, Sony juga membenamkan port USB-A dan USB-C, serta ventilasi udara pada PS5.

Perbedaan yang paling mencolok antara PS5 reguler dan Digital Edition sebenarnya sudah jelas dari penamaannya. Digital Edition tidak dilengkapi dengan drive optik cakram karena game yang dimainkan hanya dalam bentuk digital saja. Sedangkan edisi reguler dilengkapi dengan drive cakram bertipe 4K UHD Blu-Ray drive yang diketahui juga mampu membaca file selain game (seperti video dan film) selama formatnya masih dalam bentuk Blu-Ray.

Lalu, mana yang lebih baik? Sebenarnya itu tergantung kebutuhan pengguna. Jika pengguna sudah pernah menggunakan PlayStation 4 dan mengoleksi CD gamenya, akan lebih menguntungkan jika membeli edisi reguler mengingat konsol PS5 mampu memainkan CD game dari PS4.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Picture-in-picture YouTube di Perangkat Mac

Desain

Perbedaan fitur ada tidaknya drive cakram pada kedua varian PS5 turut mempengaruhi desain body keduanya. Karena adanya drive cakram, maka PS5 edisi reguler terlihat lebih gemuk pada bagian bawah, sementara edisi digital terlihat lebih slim.

Harga

Meski beredar banyak rumor tentang perkiraan harga PS5, hingga artikel ini ditulis belum ada informasi resmi dari Sony terkait harga PS5 edisi reguler dan Digital Edition. Kedua varian PS5 diprediksi akan dibanderol lebih mahal dibanding generasi sebelumnya. PS5 Digital Edition juga diprediksi lebih murah dibandingkan edisi reguler karena tidak memiliki hardware tambahan untuk drive cakram.

Ikuti kami di