Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Memanfaatkannya?
Aplikasi Pinterest/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Apa Itu Pinterest dan Bagaimana Memanfaatkannya?

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Memiliki layanan yang hampir sama seperti Instagram, aplikasi Pinterest sebenarnya memiliki kegunaan yang berbeda. Jika Instagram penggunaannya lebih ditujukan untuk kebutuhan personal, Pinterest cenderung digunakan untuk berbagi inspirasi dan informasi melalui foto, GIF, atau video.

Itu sebabnya, kumpulan foto-foto random muncul begitu pengguna mengakses laman Pinterest untuk pertama kalinya. Meski begitu, Pinterest juga menawarkan fitur-fitur lain yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, baik sekedar untuk menyalurkan hobi dan mencari konten kesukaan, atau untuk keperluan bisnis.

Sebelum lebih jauh mempelajari kegunaan aplikasi Pinterest, pengguna bisa memulainya dengan mengetahui dua istilah khas Pinterest, yaitu pin dan board. Pin berarti post atau unggahan, yang biasa ditemukan dalam bentuk foto, GIF atau video. Pin diunggah langsung oleh pengguna dan dapat dilengkapi dengan judul, deskripsi, atau tautan. Jika memiliki beberapa pin dengan tema yang sama, pengguna dapat mengkategorikannya dengan membuat board atau folder.

Jika pengguna memiliki keahlian di bidang desain atau ingin mengembangkan hobi tertentu, pengguna dapat berbagi portofolio dengan mengunggah pin atau mencari inspirasi mengenai topik terkait melalui fitur search dan save pin dari pengguna lainnya.

Agar tidak berantakan, pin yang dipilih bisa langsung disimpan dalam kategori di board pengguna. Dengan melakukan langkah tersebut, feed pengguna kemudian akan secara otomatis menyesuaikan dengan minat pengguna.

Jika diibaratkan dengan aplikasi Instagram, feed Pinterest akan memuat foto-foto acak seperti yang ada pada fitur explore Instagram. Selain itu, Pinterest juga menyediakan fitur download image, report pin, komentar, pesan, dan share.

Baca juga: Lewat Program Ini, Pelanggan IM3 Ooredoo Bisa Berjualan Pulsa dan Paket Internet

Lalu, apa kegunaan aplikasi Pinterest? Aplikasi ini cukup disukai karena bisa menyimpan gambar dengan jumlah tak terbatas di akun pengguna. Pinterest cukup membantu bagi mereka yang bekerja di bidang desain karena tak perlu menyimpan gambar-gambar dari internet secara manual ke penyimpanan internal laptop atau komputer. Dengan begitu, pengguna tak perlu mengorbankan ruang penyimpanan internalnya untuk menyimpan gambar yang sekiranya bisa menjadi inspirasi ketika membuat desain.

Adapun Pinterest juga menyediakan pilihan akun untuk keperluan bisnis dengan memilih add free business account. Perlu diketahui bahwa fitur bisnis yang ditawarkan oleh Pinterest tidak sama dengan situs marketplace, melainkan seperti Instagram business account.

Pada akun bisnis, Pinterest menyediakan fitur analytics yang dapat menampilkan performa akun bisnis melalui berbagai insight, seperti pin terbaik, engagement, dan sebagainya. Jika menginginkan exposure lebih luas, pengguna juga dapat mempelajari rangkaian fitur ads yang disediakan oleh Pinterest guna menunjang bisnis pengguna.

Ikuti kami di